Tim Madrasah Ramah Anak MAN 1 Kulon Progo Kembali Menyusun Program Kerja Bersama Siswa

Tim Madrasah Ramah Anak MAN 1 Kulon Progo Kembali gelar rapat koordinasi yang mengagendakan penyusunan program kerja dan penyusunan ulang tata tertib bagi siswa MAN 1 Kulon Progo yang ramah anak. Selain Tim Madrasah Ramah Anak, rapat tersebut juga dihadiri Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., serta menghadirkan perwakilan siswa yang diharapkan dapat memberikan masukan dan saran dalam proses penyusunan tata tertib siswa maupun program kerja. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim, Hening Handayani, S.Pd. saat memandu rapat pada Senin (20/9/2021) di ruang AVA madrasah setempat.

“Dalam rapat koordinasi kali ini kita juga melibatkan siswa, sehingga kita hadirkan perwakilan dari siswa dengan harapan mampu memberikan masukan dan saran dalam proses penyusunan tata tertib siswa maupun program kerja Tim Madrasah Ramah Anak ini”, tutur Hening.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadi madrasah ramah anak. “Bahwa dalam kita melangkah untuk menjadi madrasah ramah anak, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan, diantaranya kondisi fisik atau keamanan madrasah seperti tangga yang tidak boleh curam, kemudian proses interaksi di dalam madrasah sehingga tidak ada aksi bullying, serta ASN yang harus selalu siap dalam membimbing dan mendidik siswa”, jelas Edi.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Madrasah Ramah Anak, Subarjo, S.Pd. menuturkan bahwa madrasah tetap harus menegakkan kedisiplinan dengan cara yang mendidik. “MAN 1 Kulon Progo tetap harus menegakkan kedisiplinan bagi siswa, namun dengan cara non kekerasan dan mendidik siswa. Misalnya dengan membersihkan masjid, sholat dhuha, atau cara lain yang sifatnya mendidik”, tutur Wakil Ketua Tim yang juga Waka Kesiswaan MAN 1 Kulon Progo.

Dalam rapat tersebut kemudian disepakati tata tertib siswa MAN 1 Kulon Progo yang akan segera disosialisasikan, serta program-program yang akan segera dilaksanakan, diantaranya kampanye Pendidikan tentang anti kekerasan, anti bullying, anti napza, dan anti rokok. (rza/***)