Edu and Job Fair 2022, Kabid Penma Optimis Siswa MAN 1 Kulon Progo Tembus Perguruan Tinggi dan Dunia Kerja

MAN 1 Kulon Progo menggelar acara Edu and Job Fair 2022, Selasa (8/2/2022) di ruang AVA madrasah setempat. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, H. Abdul Su’ud, S.Ag., M.Si. Dan dihadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo, Pengawas Madrasah, Ketua Komite dan perwakilan perguruan tinggi.

Dalam sambutannya, Abdul Su’ud memberikan motivasi kepada siswa MAN 1 Kulon Progo untuk selalu optimis dalam mencapai cita-cita besar mereka. “Melalui prestasi akademik, non akademik maupun prestasi tahfidz, siswa madrasah harus optimis dapat menembus perguruan tinggi negeri maupun swasta favorit melalui program beasiswa,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Drs. Nur Wahyudi, MM., memberikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan tersebut. Nur Wahyudi juga menyampaikan peran Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai sarana tempat pelatihan bagi siswa-siswi yang ingin mendapatkan keterampilan dan mendalami keahlian di bidangnya masing-masing.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd juga menyampaikan bahwa kegiatan  Edu and Job Fair tersebut merupakan wujud komitmen madrasah sebagai madrasah riset dan keterampilan yang akan mengantarkan para siswa menuju perguruan tinggi maupun dunia kerja.

“Melalui Edu and Job Fair ini, saya berharap siswa akan lebih bersemangat, jeli, dan teliti dalam menentukan pilihannya baik melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi atau terjun ke dunia kerja,” ungkapnya.

Kegiatan yang menghadirkan lebih dari 20 perguruan tinggi dan dunia kerja serta diikuti seluruh siswa MAN 1 Kulon Progo tersebut bertujuan memberikan informasi awal dan lengkap kepada siswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi maupun siswa yang berniat terjun ke dunia kerja.

Prosesi pembukaan diakhiri dengan pelepasan burung merpati dan pemotongan pita sebagai simbol kemerdekaan, dan juga sebagai gambaran MAN 1 Kulon Progo yang terus berinovasi untuk terus berkembang dan berprestasi. (yan/***)