Guru Seni Budaya MAN 1 Kulon Progo Terbitkan Buku

Salah satu Guru MAN 1 Kulon Progo kembali terbitkan buku antologi puisi. Meskipun dalam usia yang tak lagi muda namun semangatnya untuk menulis tidak diragukan lagi. Adalah Basiroh Widiastuti, S.Pd., Guru Seni Budaya MAN 1 Kulon Progo merasa sangat bahagia dan bersyukur impiannya untuk menerbitkan buku akhirnya tercapai. Dengan memanfaatkan waktu disela-sela mengajar daring, merawat bundanya yang sakit, dan sebagai ibu rumah tangga dengan menulis puisi dan mengumpulkannya sedikit demi sedikit, akhirnya terlahir buku berjudul “Mata Batin” yang berisi 52 judul puisi tentang cerita masa pandemi, perjalanan hidup, dan syair pinta.

Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd.  mengapresiasi sekaligus bangga atas karya perdana Basiroh tersebut. “Ibu Basiroh Widiastuti adalah Guru Seni Budaya yang luar biasa. Bait-bait puisi yang dicipta sangat bagus dan unik,” kata Edi saat ditemui usai rapat koordinasi, Senin (3/1/2022) di ruang AVA madrasah setempat.

“Semoga dengan lahirnya buku “Mata Batin” ini akan memberikan semangat kepada guru-guru yang lain dalam berliterasi dan berkarya. Siapa pun bisa menjadi penulis, berapa pun usianya tidak menjadi masalah,” lanjut Edi.

Di mata rekan kerjanya, Basiroh termasuk guru yang kreatif, tidak hanya dalam mencipta karya seni rupa namun juga dalam menulis puisi. “Bu Basiroh ini memang termasuk salah satu yang kreatif. Sehingga tidak mengherankan jika kemudian bisa menghasilkan karya buku antologi puisi ini,” tutur Dra. Indrati, salah satu guru MAN 1 Kulon Progo di sela-sela kesibukannya di ruang guru.

Sementara itu, Nur Hidayati, S.Pd.I. selaku Editor dan Kurator Sastra mengatakan bahwa buku “Mata Batin” tersebut penuh makna. “Buku karya Bu Basiroh ini disusun apik dengan kata-kata sederhana namun penuh makna. Pemilihan diksi dan gaya bahasa yang keren menjadikan buku ini berebeda dengan karya sastra lainnya,” ujarnya. (nhd/***)