Rangkaian HAB-76 Kemenag, Siswa MAN 1 Kulon Progo Gelar Muqodaman dan Pengajian

Peringati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kementerian Agama, siswa MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) melaksanakan Muqodaman di Masjid Al-Huda MAN 1 Kulon Progo, Senin (3/1/2022) pagi.

Kegiatan dipimpin Waka Humas, H. Akh. Khudlori, M.Pd.I. yang membagi siswa menjadi beberapa kelompok berdasarkan kelasnya. Masing-masing kelas untuk membaca 1 juz yang didampingi oleh guru PAI dan wali kelas.

“Untuk pembagian tempat muqodaman, silakan kelas X di serambi masjid, kelas XI di serambi bagian utara, sedangkan kelas XII di dalam masjid. Tetap patuhi prokes, semoga kegiatan kita mendapatkan barokah”, tutur Khudlori.

Setelah dibuka serentak dengan bacaan Al-Fatihah, setiap siswa mendapatkan pembagian ayat dari masing-masing pendamping guru PAI. Kegiatanpun berlangsung secara khidmat. Sebanyak 20 juz selesai dibaca oleh siswa presensi ganjil di 19 kelas, yakni mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII.

Seusai muqodaman, kegiatan dilanjutkan dengan pengajian oleh H. Mustafid Enukhad, M.S.I., yang membahas tentang keutamaan membaca Al-Qur’an.

Sementara itu, dihubungi di tempat terpisah, Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengapresiasi kegiatan tersebut. “Alhamdulillah, terima kasih kepada bapak/ibu guru yang sudah mendampingi siswa-siswi menggelar muqodaman pagi ini. Terima kasih juga kepada siswa Mansaku semuanya. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk partisipasi kita dalam rangka HAB Kemenag ke-76. Sekaligus mengawali kegiatan di semester ini”, tuturnya. (mel/***)