MAN 1 Kulon Progo Borong Juara pada Kejurpansa II Kulon Progo 2022

Siswa MAN 1 Kulon Progo berhasil memborong tujuh piala pada Kejuaraan Pencak Silat Pagar Nusa (Kejurpansa) II Tahun 2022, Ahad (9/10/2022). Kejuaraan yang diselelenggarakan oleh Pencak Silat Pagar Nusa Cabang Kulon Progo tersebut digelar di Aula SMK Ma’arif 1 Wates selama dua hari, Sabtu-Ahad (8-9/102022). Kejuaraan yang dilombakan ada tiga jenis, yakni kategori Seni atau Jurus dan kategori Tanding untuk jenjang SD/MI sampai SMA/SMK/MA, dan Kategori Pendekar.
Kategori Seni yang dilombakan merupakan seni atau Jurus IPSI dan jurus Paketan Pagar Nusa. Kategori Tanding dibedakan menjadi tiga jenjang. Jenjang SD/MI ada 10 kelas (A sampai J), jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK/MA ada 9 kelas (A sampai I), berdasarkan berat badan. Sedangkan kategori kelas pendekar untuk di atas kelas tanding.
Menurut Muhammad Safruddin, S.Pd. yang mendampingi lomba, menyatakan bahwa siswa MAN 1 Kulon Progo yang mengikuti lomba kategori Seni/Jurus, Tanding, dan Pendekar, berhasil menggondol tujuh kejuaraan. Satu kejuaraan Seni/jurus, lima kejuaraan Tanding, dan satu kejuaraan kelas pendekar, berhasil dibawa pulang ke madrasah. Dari ketujuh kejuaraan tersebut, empat diantaranya adalah Juara I.

“Mila Mei Monica (Kelas X IIK) berhasil merebut Juara I Kategori Seni/Jurus Wudlu. Juara III Kelas C (47-51 kg) dan Kelas D (51-55 kg) diraih oleh Ainum Maghfiroh (Kelas X MIPA 3) dan Restu Kurniawan (Kelas X IPS 1). Sedangkan Juara I dari 3 kelas lainnya, yakni Kelas E (55-59 kg), Kelas F (59-63 kg), dan Kelas G (63-67 kg) semuanya diborong MAN 1 Kulon Progo,” tutur Safruddin. “Ketiga siswa yang berhasil Juara I tersebut adalah Fela Shifa Khoironi (Kelas X MIPA 1), Irfan Agus Fahrizal (Kelas XII MIPA 2), dan Hani Mukti (Kelas XI IIK). Sedangkan M. Aflah Baihaqi (Kelas XII IIK) berhasil meraih Juara III Kelas Pendekar,” tambahnya. Sementara itu di tempat terpisah, Kepala MAN 1 Kulon Progo H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. ikut bersyukur dan memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para juara. “Selamat anak-anakku. Selalu bersyukur, tetap rajin belajar, jangan tinggi hati, dan pertahankan prestasi,” pesan Edi. (khd/***)