MAN 1 Kulon Progo

Santri Berlian

Kepala MAN 1 Kulon Progo Ikuti Pembukaan KSM Kulon Progo 2023

Kepala MAN 1 Kulon Progo diwakili Waka Bidang Humas hadiri dan ikuti Pembukaan Kompetidsi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2023 di Ruang Teater MAN 2 Kulon Progo, Sabtu (8/7/2023) pagi.
Kegiatan KSM tingkat Kabupaten Kulon Progo secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, H. M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., didampingi Kasi Dikmad Kankemenag Kulon Progo, Muhammad Dwi Putranto, S.Pd., M.M. Hadir pula para Pengawas Madrasah dan seluruh Kepala Madrasah, pembimbing, dan peserta KSM.
Secara ceremonial, Upacara Pembukaan KSM diawali dengan Laporan Panitia Penyelenggara, Sambutan dan Pengarahan Kepala Kantor. Dan diakhiri dengan doa penutup oleh salah satu Pengawas Madrasah, Drs. H. R. M. Aladin Noor, M.Pd.I.
Dalam sambutan laporan penyelenggaraan, Kasi Dikmad menyampaikan bahwa pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) untuk tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2023 dilaksanakan selama tiga hari, Sabtu sampai Senin (8-10/2023).
Terkait dengan luasnya wilayah dan efisiensi waktu, kegiatan KSM dipusatkan di dua tempat. Untuk Zona Kulon Progo bagian utara dipusatkan di MAN 3 Kulon Progo dan Zona Kulon Progo bagian selatan dilaksanakan di MAN 2 Kulon Progo.
Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo dalam sambutan pembukaan menyampaikan pesan bahwa KSM merupakan ajang kompetisi atau lomba bidang ilmu pengetahuan bagi siswa-siswai madrasah di Kulon Progo. Wahib berpesan bahwa dalam dalam kompetisi apapun harus dilandasi tiga hal, yaitu: 1. Luruskan niat dan gali semua potensi; 2. Sempurnakan ikhtiar dan maksimalkan usaha; dan 3. Bertawakkal dengan selalu berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.
“Semoga melalui ajang KSM ini, dan dari siswa-siswi madrasah Kulon Progo ini, akan lahir ilmuwan-ilmuwan muslim, yang tidak saja mengharumkan Jogjakarta, tapi akan jadi penggerak yang dapat membangun peradaban Indonesia dan dunia,” harap Wahib Jamil. (khd/***)