Baca Juga

22 September 2023

MAN 1 Kulon Progo

Santri Berlian

180 Siswa MAN 1 Kulon Progo Sukses Ikuti Uji Validitas AKMI

Sebanyak 180 siswa kelas XI MAN 1 Kulon Progo mengikuti Uji Validitas Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) pada Kamis (7/9/2023) dan Sabtu (9/9/2023) di Laboratorium Komputer madrasah setempat. Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB sampai selesai. Peserta terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pukul 07.30 – 09.30 WIB dan sesi kedua pukul 10.00 – 12.00 WIB. Soal uji dikirim melalui link yang dikirimkan ke moda hand phone/gadget masing-masing peserta di ruang kelas yang ditentukan.
AKMI merupakan asesmen kompetensi literasi siswa madrasah yang mencakup literasi membaca, literasi sains, literasi numerasi, dan literasi sosial budaya serta survey karakter. Hasil AKMI memberi informasi tentang tingkat kemampuan siswa dalam berliterasi dan berpikir kritis untuk kemudian membantu guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran di kelas. Sedangkan uji validasi soal AKMI bertujuan mengetahui kelayakan soal sebelum diujikan kepada subjek/madrasah yang ditunjuk.
Kepala MAN 1 Kulon Progo Drs. Muhammad Wahdan Zani bersyukur MAN 1 Kulon Progo mendapatkan kepercayaan Kementerian Agama untuk mengikuti uji validasi. “Diharapakan siswa mendapatkan pengetahuan dan wawasan seputar assesmen kompetensi,” ujar kepala madrasah. Dua hari pelaksanaan, uji validasi berjalan lancar. “Alhamdulillah, tidak ada kendala berarti baik dari segi fasilitas maupun peserta,” terang kepala madrasah.
Lancarnya uji validasi tak lepas dari kinerja proktor dan pengawas ujian. “Alhamdulillah, semua persiapan dapat dimaksimalkan,” ujar Proktor, Idham Asyhar, S.Pd. Sementara itu, salah satu pengawas ruangan, Aisyah Nur Amalia, S.Pd., M.A. menjelaskan bahwa pengawasan dapat berjalan dengan lancar, salah satunya didukung oleh sikap kooperatif siswa. “Siswa mampu menyelesaikan soal dengan baik, kaitannya ketepatan waktu dan ketelitian membaca soal, sehingga kegiatan berjalan lancar,” ujarnya. (mel/***)