Guru MAN 1 Kulon Progo Ikuti Supervisi Administrasi Pembelajaran

Seluruh guru MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) mengikuti kegiatan supervisi atau pemantauan administrasi pembelajaran daring oleh Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Hj. Kalimah, S.Ag., M.A. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (13/10/2021) di ruang AVA madrasah setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap semester. “Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap semester. Supervisi administrasi pembelajaran dilaksanakan dalam rangka menjamin mutu pendidikan serta membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran”, jelasnya.

“Guru harus terus berbenah untuk meningkatkan kualitas dan kapasitasnya serta harus terus berinovasi sehingga dapat menyajikan pembelajaran yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan pembelajaran milenial”, lanjut Edi.

Sementara itu, Waka Kurikulum Mansaku, H. Iwan Budi Cahyono, M.Pd. menuturkan beberapa komponen yang disupervisi pada kesempatan tersebut. “Dalam masa pembelajaran darurat seperti sekarang ini, secara umum hanya enam jenis perangkat pembelajaran yang diperiksa oleh pengawas, yaitu (1) jadwal pembelajaran, (2) silabus, (3) RPP, (4) daftar hadir, (5) hasil penilaian, dan (6) jurnal kegiatan harian”, tuturnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan evaluasi oleh Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Hj. Kalimah, S.Ag., M.A. Dalam evalusi tersebut, Kalimah menuturkan bahwa secara umum seluruh guru MAN 1 Kulon Progo sudah memiliki administrasi pembelajaran yang sangat baik. “Alhamdulillah secara umum untuk administrasi pembelajaran sudah sangat baik, namun masih ada hal yang perlu ditingkatkan terutama terkait dengan penilaian. Dengan adanya supervisi ini, diharapkan bapak/ibu dapat meningkatkan profesionalitas sebagai seorang guru sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di MAN 1 Kulon Progo ini”, tuturnya. (rza/***)