Jasmine Allendra Cita dan Ruth Andiena, Ketua dan Wakil Ketua OSIS 2021/2022

Siswa kelas X dan XI MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) berpartisipasi dalam Pemilihan Ketua OSIS Tahun Pelajaran 2021/2022. Kegiatan ini berlangsung pada Jum’at (1/10/2021) dengan titik pusat di Ruang AVA madrasah setempat. Pelaksanaan Pemilos bekerjasama dengan KPU Kabupaten Kulon Progo yang melibatkan Kominfo Kulon Progo.

Pembina OSIS MAN 1 Kulon Progo, Sudrajad, S.Pd. menuturkan bahwa kegiatan pemilos merupakan agenda rutin tahunan di MAN 1 Kulon Progo. “Pemilos merupakan agenda rutin tahunan Bidang Kesiswaan MAN 1 Kulon Progo dalam rangka pergantian pengurus OSIS dan regenerasi kepengurusan supaya lebih eksis”, tuturnya.

Sudrajat juga menyampaikan tahapan-tahapan dalam Pemilos kali ini. “Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pemilihan Bakal Calon Ketua OSIS yang dipilih dari kelas XI dan Bakal Calon Wakil Ketua OSIS dari kelas X. Masing-masing kelas wajib mengirimkan satu calon ketua dan wakil ketua OSIS yang memiliki kecakapan serta jiwa kepemimpinan”, jelasnya.

“Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja masa jabatan 2021/2022 melalui channel YouTube Mansaku. Kemudian siswa lain menyimak melalui link yang dibagikan pada grup Whatsapp. Selanjutnya, pada hari pelaksanaan Pemilos, siswa diminta mengunjungi link www.jendelaku.kulonprogokab.go.id untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS pilihan mereka”, imbuhnya.

Lebih lanjut, Sudrajat menyampaikan hasil perolehan suara masing-masing pasangan kandidat. “Jum’at (1/10/2021) sore pukul 16.00 WIB sebanyak 228 siswa berhasil melakukan vote dengan prosentase perolehan hasil 58,87 % untuk pasangan nomor 1 (satu) atas nama Jasmine Allendra Cita dan Ruth Andiena. Untuk pasangan nomor 2 (dua) atas nama Hafidza Nur Afifah dan Nabila Putri Widianingrum memperoleh 33,77 %. Sedangkan pasangan nomor 3 (tiga) atas nama Kania Ratna Pratiwi dan Eka Nur Fitriana mendapatkan perolehan suara 6,39 %”, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa Pemilos merupakan momentum penting dan sarana edukasi bagi siswa. “Pemilos kali ini dilaksanakan secara online. Dan ini merupakan momentum bagi siswa untuk belajar berdemokrasi sebagai pemilih pemula”, tuturnya.

Kepala Madrasah juga mengucapkan selamat kepada pasangan dengan perolehan suara terbanyak. “Kami ucapkan selamat kepada Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih, Mbak Jasmine Allendra Cita dan Mbak Ruth Andiena. Dengan terpilihnya ketua dan wakil ketua OSIS ini artinya kepengurusan yang baru siap menyukseskan program serta visi misi MAN 1 Kulon Progo. Semoga membawa banyak maslahah bagi Mansaku ke depan”, pungkas Edi. (mel/***)