Guru dan Siswa MAN 1 Kulon Progo Kompak Hadapi ANBK

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 untuk jenjang SMA/MA dilaksanakan selama dua gelombang. Gelombang 1 pada Senin – Selasa (27-28/9/2021), sedangkan Gelombang 2 dilaksanakan pada Rabu – Kamis  (29-30/9/2021). Rangkaian ANBK tahun ini tidak hanya diikuti oleh siswa, tetapi Pendidik dan Kepala Satuan Pendidikan juga mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar secara daring melalui laman www.surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id. Survei tersebut dilakukan untuk mengukur iklim keamanan, iklim inklusivitas dan kebhinekaan, serta kualitas pembelajaran pada satuan pendidikan.

Sebanyak 37 Guru MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) secara serentak mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar pada Senin (27/9/2021) di Ruang AVA dan Laboratorium Komputer madrasah setempat.

Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengajak seluruh Guru untuk menyukseskan kegiatan Survei Lingkungan Belajar. “Merespon kegiatan Survei Lingkungan Belajar oleh Kemdikbud ini mari kita sukseskan bersama Bapak/Ibu. Madrasah juga siap memfasilitasi sarana agar Bapak/Ibu dapat mengerjakan dengan lancer. Bapak/Ibu dapat mengisi instrument di Ruang AVA atau di Laboratorium Komputer.”, tuturnya.

“Hasil dari survei ini nantinya akan digunakan sebagai pemetaan, menganalisis kondisi real, serta kesiapan MAN 1 Kulon Progo dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan. Oleh karena itu, pengisiannya pun harus dilakukan secara cermat dan sesuai kondisi di lapangan. Semoga dengan adanya survei ini, MAN 1 Kulon Progo semakin siap dan berkualitas”, tambah Edi.

Sementara itu, sebanyak 45 siswa kelas XI MAN 1 Kulon Progo mengikuti ANBK pada Rabu – Kamis (29–30/9/2021) di dua ruang Laboratorium Komputer yang terbagi dalam dua sesi, sebagaimana disampaikan oleh salah satu Proktor Mansaku, Idham Asyhar, S.Pd.I.

“MAN 1 Kulon Progo mengambil jadwal gelombang kedua, yaitu tanggal 29 dan 30 September yang dilaksanakan di Lab Komp 1 dan Lab Komp 2. Sedangkan untuk peserta ditetapkan secara sampling oleh sistem dengan rincian 45 siswa peserta utama dan 5 siswa cadangan”, jelas Idham.

Lebih lanjut, Idham menyampaikan tahap demi tahap berkaitan dengan asesmen yang harus diikuti oleh siswa. “Hari pertama, berupa latihan soal selama 10 menit. Dilanjutkan tahap berikutnya mengenai Literasi dan tahap ketiga Survei Karakter. Sedangkan untuk hari kedua, latihan dilanjutkan Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar”, lanjutnya.

“Alhamdulillah, ANBK kali ini secara umum berjalan lancar. Baik untuk hari pertama (Rabu) maupun hari kedua (Kamis) ini. Terima kasih kepada Bapak/Ibu pengawas yang telah mendampingi siswa kami dalam mengikuti asesmen. Juga kepada seluruh siswa yang telah dengan sungguh-sungguh berpartisipasi dalam asesmen ini”, pungkas Idham. (mel/***)