Duta Literasi MAN 1 Kulon Progo Luncurkan Buku Cerpen Matematika

Guru Matematika MAN 1 Kulon Progo, Nur Hidayati, S.Pd.I., kembali meluncurkan buku. Kali ini buku cerita pendek (cerpen) Matematika yang berjudul Uniknya Matematika dalam Cerita. Ia menyerahkan karya solo ke-sembilannya tersebut kepada Kepala Madrasah H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. pada Rabu (13/4/2022) di ruang Kepala Madrasah setempat.

Nur Hidayati merasa sangat bahagia dapat menghadirkan cerpen dalam kehidupan sehari-hari yang menyisipkan materi Matematika wajib kelas XII, yakni Kaidah Pencacahan dan Peluang Kejadian.

“Alhamdulillah, buku ini dapat saya selesaikan saat saya dinyatakan positif Corona. Buku ini sebagai bukti bahwa saat isoman adalah saat luar biasa yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucap Duta Literasi MAN 1 Kulon Progo tersebut penuh syukur.

Lebih lanjut Nur Hidayati berharap buku cerpennya ini akan memudahkan siswa dalam memahami penggunaan Kaidah Pencacahan dan Peluang Kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Nur berusaha menerapkan ilmu sastra yang diperoleh dari Founder Komunitas Yuk Menulis (KYM), Vitriya Mardiyati dengan mensubstikan Matematika ke dalam cerpen.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. sangat mengapresiasi dan bangga dengan kreatifitas dari Nur Hidayati. “Saya salut dengan Bu Nur Hidayati, meskipun isoman tetap berkarya. Kreativitasnya dalam memaparkan pembelajaran Matematika melalui sebuah cerita perlu dicontoh guru lain,” ucapnya.

“Buku cerpen ini pun dapat dipakai sebagai bahan referensi pengelola dan praktisi Pendidikan dalam meningkatkan kualitas layanan Pendidikan yang kekinian,” imbuhnya.

“Teruslah berkarya setiap saat dan di mana pun berada. Tularkan virus menulis kepada siapa pun,” pungkas Edi.

Sementara itu di tempat terpisah, Pengawas Madrasah Kabupaten Kulon Progo, Hj. Kalimah, S.Ag., M.A. merasa sangat bangga dengan Nur Hidayati. “Usaha Bu Nur dalam menciptakan buku ini sangat luar biasa. Penjelasan materi Matematika yang diramu dalam cerita yang menarik,” tuturnya. (nhd/***)