Biasakan Siswa Sholat Dhuha, Kamad MAN 1 Kulon Progo: Tanamkan Karakter Baik bagi Siswa

Salah satu kegiatan Pesantren Ramadhan di MAN 1 Kulon Progo adalah pembiasaan Sholat Dhuha bagi siswa/siswi kelas X dan XI. Sholat Dhuha dilaksanakan di Masjid Al-Huda Madrasah setempat, dengan H. Mustafid Enukhad, S.Ag., M.S.I. sebagai pembimbing dalam melafalkan doa seusai sholat.

Rabu (13/4/2022) pagi tadi, seusai pelajaran jam ke-3, guru mapel mengajak siswa/siswi yang diampunya untuk Sholat Dhuha bersama. Siswa putra melaksanakan sholat di dalam masjid, sedangkan siswa putri berada di serambi masjid.

Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan implikasi karakter baik melalui pembiasaan Sholat Dhuha tersebut. “Salah satu kegiatan Pesantren Ramadhan adalah Sholat Dhuha bersama-sama setiap harinya. Selain menjadi kegiatan dalam Pesantren Ramadhan, pembiasaan Sholat Dhuha ini akan menanamkan karakter baik bagi siswa/siswi madrasah. Melalui Sholat Dhuha, siswa akan belajar mengenai kedisiplinan, kebersihan, dan kedamaian. Nilai ini penting bagi siswa/siswi madrasah.” jelasnya.

Sementara itu H. Akhmad Khudlori, S.Ag., M.Pd.I. selaku ketua panitia kegiatan berharap Pesantren Ramadhan tersebut berjalan dengan lancar dan juga menjadi kebiasaan di luar bulan Ramadhan.

“Semoga kegiatan Pesantren Ramadhan ini dapat berjalan dengan lancar hingga penutupan nanti. Dan siswa/siswi kami dapat mengamalkan amalan yang sudah dilaksanakan meskipun bulan Ramadhan sudah usai,” harap Khudlori.

Setelah kegiatan Sholat Dhuha usai, siswa/siswi diperkenankan kembali memasuki kelas. Serangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan ini akan berakhir pada Rabu (27/4/2022) mendatang. (mel/***)