Sambut Bulan Ramadhan 1443 H, MAN 1 Kulon Progo Gelar Kerja Bakti

Keluarga besar MAN 1 Kulon Progo menggelar Kerja Bakti di lingkungan madrasah sekaligus pelaksanaan Jum’at bersih pada Jum’at (01/04/2022) pagi. Kegiatan kerja bakti diikuti oleh seluruh guru pegawai MAN 1 Kulon Progo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kerja Bakti lingkungan madrasah tersebut telah dimulai pada hari Kamis (31/03/2022) yang lalu, di mana semua peserta didik dipandu wali kelas membersihkan ruangan kelas dan sekitarnya.

Kegiatan Jum’at bersih tersebut istimewa, karena digelar menjelang bulan Ramadhan 1443 H. Karena di samping kegiatan Jum’at bersih dan Jum’at Sehat yang telah terlaksana di madrasah, kegiatan ini dilaksanakan menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan 1443 H.

Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan ketika ditanya maksud dan tujuan digelarnya kegiatan tersebut. “Kerja bakti ini mempunyai berbagai tujuan. Ditinjau dari segi kedinasan, kerja bakti ini memang dinstruksikan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo. Ditinjau dari kebiasaan madrasah, kita sudah biasa selama pandemi kita melaksanakan Jum’at sehat dan Jum’at bersih diawali dengan senam pagi,” tuturnya.

“Dan ditinjau dari segi budaya, kita sudah tidak asing, setiap menjelang Ramadhan selalu dilaksanakan kegiatan bersih-bersih, baik membersihkan lingkungan sekitar kita maupun membersihkan diri kita secara lahir dan batin,” tambah Edi.

Edi juga berharap semoga kegiatan tersebut disamping membersihkan lingkungan madrasah secara fisik juga dapat membersihkan madrasah secara rohani. Sehingga para siswa ketika belajar akan merasa nyaman dan betah, sehingga dapat menerima ilmu dengan mudah. (khd/***)