Pramuka MAN 1 Kulon Progo Gelar Bakti Sosial ke Ponpes dan Panti Asuhan

Kulon Progo (MAN1KP) – Gerakan Pramuka Gugus Depan 12.01.07: 087 dan 088 yang berpangkalan di MAN 1 Kulon Progo menggelar Bakti Sosial ke Pondok Pesantren dan Panti Asuhan, Sabtu (28/5/2022).

Kegiatan Bakti Sosial berupa pemberian sembako ke dua Pondok Pesantren dan satu Panti Asuhan di wilayah Kapanewon Pengasih, yakni Ponpes Nurul Dholam Pengasih, Ponpes Nurul Falah Pengasih, dan Panti Asuhan Ibnu Fattah Pengasih.

Kegiatan baksos dilepas langsung oleh Kepala MAN 1 Kulon Progo H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Majlis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) didampingi Waka Bidang Kesiswaan, Mujiyana, S.Pd. dan jajaran Pembina Pramuka, Harmiyati, M.Sc. dan Muhammad Nur Habibi, S.Pd.

Dalam kesempatan tersebut, Waka Bidang Humas MAN 1 Kulon Progo, H. Akhmad Khudlori, M.Pd.I. mewakili para pembina dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan Bakti Sosial tersebut digelar untuk mengakhiri Kegiatan Kepramukaan di MAN 1 Kulon Progo pada Semester II Tahun Pelajaran 2021-2022 dan murni dikumpulkan dari anggota Pramuka dipandu oleh Pengurus Dewan Penegak masa bakti 2021-2022.

“Kegiatan Bakti Sosial ini di samping untuk mengahiri kegiatan pada Semester kedua, juga dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022 dan memperingati Hari Lahir Pancasila ke-77 Tahun 2022. Dengan kegiatan Baksos ini diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat kita semua untuk menjadi bena-benar menjadi manusia Pancasila pasca pandemi,” ujar Khudlori yang juga anggota Korp Pelatih dan Pengurus Kwarcab KP tersebut.

Sementara itu Kepala MAN 1 Kulon Progo selaku Kamabigus dalam sambutan pembekalannya menyatakan menyambut baik dan memberikan apresiasi kegiatan Bakti Sosial yang digelar oleh Pramuka yang berpangkalan di MAN 1 Kulon Progo.

“Pramuka dengan segala kemandirian, kebersahajaan, ketabahan, dan kerealaannya untuk selalu menolong sesama terbukti. Baksos ini menjadi bukti pengamalan Dasa Darma Pramuka sekaligus bukti pengamalan ajaran agama kita al-Yadul ‘Ulya Khoirun min Yadis Sufla. Selamat berbakti sosial, dan bangkitkan kembali semangat Pramuka di madrasah kita,” kata Edi mengakhiri sambutannnya. (khd/***)