Duta Literasi MAN 1 Kulon Progo Nyalakan Literasi di Tingkat Sekolah Dasar

Duta Literasi MAN 1 Kulon Progo, Nur Hidayati, S.Pd.I. mendapatkan kesempatan menjadi narasumber workshop Asyiknya Menulis Puisi Anak yang dilaksanakan pada Jumat (27/5/2022) pagi di SD Muhammadiyah Mutihan, Wates, Kulon Progo, DIY. Workshop dengan tema “Menyalakan Literasi di Tingkat Sekolah Dasar” tersebut diikuti oleh 78 siswa kelas 4 SD setempat.

Nur Hidayati merasa bersyukur dapat menyebarkan ilmu menulis puisi yang dimilikinya. “Alhamdulillah ilmu yang saya peroleh dari mbak Vitriya Mardiyati (Founder Komunitas Yuk Menulis) dapat bermanfaat. Saya yakin, ilmu yang dibagi tidak akan habis. Semoga semua siswa dapat berkarya dengan bahagia. Amin,” jelas Nur.

Dalam sambutannya, Kepala SD Muhammadiyah Mutihan, Kardiniyati, S.Pd. menyampaikan pentingnya kegiatan workshop. “Workshop ini sangat penting dilakukan. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan minat dan motivasi peserta didik/siswa kelas 4 untuk menulis,” tuturnya.

“Semoga kegiatan ini dapat menghasilkan karya yang dapat dibukukan,” pungkas Kardiniyati.

Antusias siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi. Salah satu siswa kelas 4.1, Halwa, menyampaikan bahwa menulis puisi ternyata mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan. Halwa mampu menyelesaikan praktik menulis tercepat dan mendeklamasikan puisinya.

Sementara itu, Wali Kelas 4.1, Dwi Nurhayati, S.Pd. juga merasa gembira karena hampir semua siswa mampu menyelesaikan praktik. “Alhamdulillah, semua siswa berpartisipasi. Hanya ada beberapa yang belum mengumpulkan karya. Insyaallah, karya yang lolos plagiat akan dibukukan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Wali Kelas 4.2, Ngatijah, S.Pd.SD., dan Wali Kelas 4.3, Siti Waridah, S.Pd. juga merasa bahagia, semua siswanya mengikuti workshop dan dapat menghasilkan karya. Karya-karya dari siswa akan dibuat buku sesuai dengan kelasnya.

Dihubungi di tempat terpisah, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. merasa bangga dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan duta literasinya tersebut. “Terima kasih, Bu Nur. Teruslah bergerak dan sebarkan virus literasi. Yakinlah, apa pun yang dikerjakan dengan maksimal akan mendapatkan hasil yang terbaik. Amin,” kata Edi. (nhd/***)