Siswa MAN 1 Kulon Progo Persembahkan Piala Kejuaraan KSM Tingkat Kabupaten

Siswa MAN 1 Kulon Progo mempersembahkan piala kejuaraan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) tingkat Kabupaten Kulon Progo usai upacara bendera di halaman tengah madrasah setempat pada Senin (12/9/2022) pagi. Dari perwakilan MAN 1 Kulon Progo sebanyak 12 siswa, 4 siswa mampu melaju ke tingkat provinsi pada Sabtu (10/9/2022).

Dari hasil pengumuman juara KSM Jumat (19/8/2022) melalui link https://ksm.kemenag.go.id/web/pengumuman, keempat siswa yang melanjutkan KSM tingkat DIY adalah Anisa Nur Rahmadhani (Juara III Matematika Terintegrasi), Trias Nurul Jati (Juara III Kimia Terintegrasi), Shiddiq Nur Rahman (Juara II Fisika Terintegrasi), Raden Roro Windy Nirvana Suci (Juara II Ekonomi Terintegrasi).

Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. merasa bangga dari 12 siswa yang diikutkan ada 4 siswa yang bisa melaju ke tingkat provinsi DIY. “Alhamdulillah, selamat untuk siswa dan pembimbing yang sudah berjuang maksimal. Saya merasa sangat bangga, mereka mampu mempersembahkan piala kejuaraan untuk madrasah,” ungkapnya.

“Semoga yang mereka lakukan akan menginspirasi siswa lainnya untuk berprestasi baik secara akademik maupun non akademik,” pungkas Edi.

Penyerahan piala didampingi oleh Mujiyana, S.Pd. (Guru Pembimbing Fisika Terintegrasi), Siti Muflikhakh, S.Pd. (Guru Pembimbing Kimia Terintegrasi), Rizka Azizatul Latifah, S.Pd. (Guru Pembimbing Matematika Terintegrasi), dan Muhammad Safruddin, S.Pd. (Guru Pembimbing Ekonomi Terintegrasi).

Siti Muflikhakh merasa senang karena salah satu siwa bimbingannya dapat melaju ke tingkat provinsi. Hal senada juga disamaikan Rizka Azizatul Latifah. Rizka merasa bahagia salah satu siswa bimbingannya sukses menjadi Juara 3. Menurutnya, kesuksesan Anisa didapat dari kesungguhannya dalam belajar dan do’a.

Alhamdulillah, saya merasa bahagia, salah satu siswa yang saya temani damping mampu menjadi Juara 3 Matematika Terintegrasi. Kesuksesan Anisa ini didapat dari kesungguhannya dalam belajar dan do’a,” jelas Rizka.

Salah satu siswa, Rr. Windy Nirvana Suci (Juara II Ekonomi Terintegrasi) merasa bersyukur karena mampu mempersembahkan piala kejuaraan untuk madrasah. Hal yang sama juga disampaikan Trias Nurul Jati (Juara III Kimia Terintegrasi). “Alhamdulillah, saya dan teman-teman merasa senang dan gembira berhasil mempersembahkan piala kejuaraan tingkat kabupaten. Semoga kami bisa sukses di KSM provinsi,” harap Trias.

Menurut Mujiyana, S.Pd., Waka Kesiswaan sekaligus Pembimbing Fisika Terintegrasi, sebelum keempat siswa mengikuti KSM Provinsi, mereka mengikuti karantina di madrasah. Kegiatan yang dilakukan adalah pemantapan materi mata pelajaran dan agama. Tidak hanya itu, mereka bersama guru pembimbing melakukan do’a bersama di sepertiga malam. Kegiatan ini pun sudah mendapatkan izin dari orang tua siswa.“Keempat siswa mengikuti karantina di madrasah untuk memantapkan materi dan melakukan do’a bersama. Alhamdulillah semua orang tua mengizinkan putra-putri mereka mengikuti karantina,” tutur Mujiyana. (nhd/***)