MAN 1 Kulon Progo Lakukan Kunjungan Industri

Kulon Progo (MAN1KP) – MAN 1 Kulon Progo melakukan kunjungan industri pada Selasa (13/9/2022). Kunjungan industri diikuti 68 siswa dari tiga kelas yaitu XII MIPA 2 (Keterampilan Elektronika), XII IPS 2 (Keterampilan Tata Busana), dan XII IPS 3 (Keterrampilan Multimedia).

Menurut Wakal Kesiswaan MAN 1 Kulon Progo, Mujiyana, S.Pd., tujuan kunjungan industri untuk siswa Keterampilan Elektronika yaitu TVRI dan Frogs Indonesia. Untuk siswa Keterampilan Tata Busana adalah PT. Primissima dan Omah Oblong. Sedangkan tujuan siswa Keterampilan Multimedia yaitu TVRI dan Omah Oblong.

Kepala MAN 1 Kulon Progo, H.  Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan kunjungan industri tersebut merupakan program madrasah karena MAN 1 Kulon Progo merupakan MAN plus Keterampilan. Yakni untuk memberikan pengetahuan kepada siswa secara langsung mengenai Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

“Kegiatan kunjungan industri ini sangat penting dilakukan. Kegiatan ini adalah kegiatan pembelajaran langsung. Dengan mendengar, melihat, dan mempraktikkan maka tujuan pembelajaran akan cepat tercapai dan lebih bermakna,” papar Edi.

“Semoga apa yang mereka dapatkan saat kunjungan industri menjadi pengalaman yang berharga dan bermanfaat,” pungkas Edi.

Kedatangan siswa di tempat industri disambut hangat. Kepala Tata Usaha, H. Surandi, S.Pd.I., dan pendamping siswa Tata Busana merasa bersyukur karena PT. Primissima memberikan kesempatan belajar langsung tentang proses pengolahan kapas sampai menjadi kain.

Alhamdulillah dan terima kasih kami sampaikan kepada PT. Primissima yang telah memberikan waktu kepada kami untuk belajar langsung,” kata Surandi.

Primissima pun merasa senang bisa memberikan kesempatan belajar siswa secara langsung. Hal ini disampaikan Basrowi (Penghubung di Sekretariat) saat penerimaan siswa. “Terima kasih atas kunjungan siswa, guru, dan pegawai MAN 1 Kulon Progo. Kunjungan industri di PT. Primissima sudah lama diadakan karena PT. Primissima merupakan bagian dari BUMN selalu membuka wahana untuk kunjungan industri, PPL, Riset, dan Skripsi. PT. Primissima merupakan wadah pembelajaran bagi siswa,” jelasnya.

Setiap kelas Keterampilan didampingi oleh guru mata pelajaran dan wali kelas. Antusias siswa sangat tinggi. Hal ini dibuktikan mereka tidak merasa lelah ketika harus mengelilingi tempat industri. Mereka sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan.

Salah satu siswa kelas XII MIPA 2, Irfan Agus merasa sangat senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Hal senada disampaikan Indri Utami Septiyani, salah satu siswa kelas XII IPS 2 juga merasa bahagia bisa mengikuti kegiatan kunjungan industri.

Alhamdulillah, saya sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini. Saya dan teman-teman dapat melihat langsung bagaimana kapas diolah menjadi benang, bagaimana proses kanji rayon, penenunan, sampai kain berada di gudang,” kata Indri. (nhd/***)