MAN 1 Kulon Progo

Santri Berlian

PMR MAN 1 Kulon Progo Sukses Kolaborasi dengan PMR SMPN 1 Pengasih

Palang merah Remaja (PMR) MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) sukses mengadakan kolaborasi dengan PMR SMPN 1 Pengasih pada hari Sabtu (1/6/2024). Kegiatan dilaksanakan di SMPN 1 Pengasih dan dihadiri oleh Kepala SMPN 1 Pengasih, Sri Harini, S.Pd., M.Pd., Pendamping dan Wakil PMI Kulon Progo, Zarmiyati, SKM., Rr. Dyah Hapsari Siswi Fajarwati, M.Psi., serta Pembina UKS MAN 1 Kulon Progo, Nur Hidayati, S.Pd.I.
Dalam sambutannya, Kepala SMPN 1 Pengasih, Sri Harini, S.Pd., M.Pd. menyampaikan terima kasih dan harapan untuk tim PMR MAN 1 Kulon Progo.
“Terima kasih saya sampaikan kepada MAN 1 Kulon Progo terutama PMR MAN 1 Kulon Progo yang telah berkolaborasi dengan PMR SMPN 1 Pengasih dan diberikan kesempatan untuk menyelesaikan agenda dan program kerja PMR di SMPN 1 Pengasih. Semoga kolaborasi ini dapat membawa kemanfaatan bagi PMR MAN 1 Kulon Progo dan PMR SMPN 1 Pengasih,” harap Harini, “Tri Bakti PMR harus dipegang. Tujuh Prinsip PMR (Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kesemestaan) harus diamalkan sehingga bermanfaat untuk semua.”
Pada kesempatan tersebut, Zarmiyati selaku pendamping merasa bersyukur dengan terlaksananya kegiatan. “Alhamdulillah, saya mewakili PMI merasa bersyukur dengan kolaborasi ini. PMR MAN 1 Kulon Progo sebagai fasilitator kegiatan dan PMR SMPN 1 Pengasih sebagai peserta kegiatan,” ungkapnya.
“Kegiatan ini merupakan kegiatan akhir tahun PMR dan pengambilan nilai ekstrakurikuler PMR di MAN 1 Kulon Progo dan SMPN 1 Pengasih. Tetap semangat dan semoga diberikan kelancaran dan hasil yang terbaik,” imbuh Mia.

Senada dengan Mia, Afina (salah satu fasilitator) juga merasa bahagia dengan kegiatan tersebut. Afina menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk games/permainan-permainan sehingga tim PMR SMPN 1 Pengasih dapat menerima materi dan mengikuti pengambilan nilai ekstra dengan baik.
“Kegiatan ini akan kami olah melalui games sehingga materi PMR tersampaikan dengan menarik dan menyenangkan. Akan ada juara 1, 2, dan 3 sebagai reward bagi kelompok yang menyelesaikan kegiatan dengan baik. Semoga pengambilan nilai ekstra PMR MAN 1 Kulon Progo dan PMR SMPN 1 Pengasih berjalan lancar dan mendapatkan nilai yang terbaik,” jelas Fina.
Nur Hidayati selaku Pembina UKS sekaligus wakil dari MAN 1 Kulon Progo menyampaikan terima kasih atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Ibu Sri Harini, S.Pd., M.Pd., Ibu Zarmiyati, SKM., Ibu Rr. Dyah Hapsari Siswi Fajarwati, M.Psi., serta tim PMR MAN 1 Kulon Progo (Fasilitator) dan tim PMR SMPN 1 Pengasih (Peserta) sehingga kolaborasi ini tercipta dengan luar biasa. Semoga kegiatan ini mempererat silaturahmi dan berkah untuk semuanya,” ujarnya. Di tempat terpisah, Pembina PMR MAN 1 Kulon Progo, Zaini Mualif, S.Pd. menyampaikan bahwa Ia mengirimkan 12 siswa untuk menjadi fasilitator, yaitu Afina (XI MIPA 1), Anang (XI IPS 3), Zakia (XD), Riski (XD), Ike (XA), Isnandari (XD), Feri (XE), Zizi (XF), Puji (XF), Decha (XE), Alexa (XE), dan Yunita (XE). Sementara itu Kepala MAN 1 Kulon Progo, Drs. Muhammad Wahdan Zani mengapresiasi kegiatan yang telah terselenggara tersebut. “Alhamdulillah tim PMR MAN 1 Kulon Progo dapat menjadi fasilitator dan berkolaborasi dengan PMR SMPN 1 Pengasih. Semoga dengan kegiatan ini ilmu yang diperoleh pada ekstrakurikuler PMR berkah untuk semuanya,” harapnya. (nhd/***)