MAN 1 Kulon Progo Gandeng Puskesmas Pengasih 1 Pantau Kesehatan Siswa

Duta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) MAN 1 Kulon Progo (Mansaku), Vera Veronica, S.Pd., dan Pembina UKS, Nur Hidayati, S.Pd.I. bekerja sama dengan Puskesmas Pengasih 1 melakukan Screening Kesehatan untuk siswa kelas X. Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut dibagi dalam dua periode, yakni Selasa (23/11/2021) dan Sabtu (27/11/2021) di ruang AVA madrasah setempat.

Salah satu petugas dari Puskesmas Pengasih 1, Tri Suharyanti, AMK. mengungkapkan tujuan Screening Kesehatan tersebut. “Kegiatan Screening ini bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta menggali data atau informasi perkembangan kesehatan siswa”, ungkapnya.

“Jika kemudian ada siswa yang harus diberikan penanganan khusus, maka kami akan memberikan rujukan agar siswa tersebut berobat ke Puskesmas”, imbuhnya.

Tri Suharyanti tidak hanya sendiri dalam melakukan Screening Kesehatan, ada dua petugas Puskesmas Pengasih 1 yang juga turut dalam kegiatan tersebut, yaitu Suwami dan Supartinah. Ketiga petugas melakukan cek kesehatan awal, antara lain pengecekkan tekanan darah, nadi, suhu, berat badan, tinggi badan, SPO2, pemakaian kacamata, kelainan refraksi, buta warna, gangguan pendengaran, gigi berlubang, gusi bengkak, rambut, kulit, kuku, dan tanda klinis anemia.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan Screening Kesehatan tersebut merupakan salah satu bagian dari kerjasama antara MAN 1 Kulon Progo dengan Puskesmas Pengasih 1.

“Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini merupakan bagian dari kerjasama antara MAN 1 Kulon Progo dengan Puskesmas Pengasih 1 untuk mengetahui kondisi kesehatan peserta didik, sehingga data yg ada sebagai bentuk antisipasi dan perlakuan yg sesuai dengan kebutuhan peserta didik”, tutur Edi. (vnc/nhi/***)