MAN 1 Kulon Progo Gelar Sosialisasi dan Kampanye Anti Kekerasan, Bullying, Narkoba Serta Rokok

Tim Madrasah Ramah Anak (MRA) MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) bekerja sama dengan Puskesmas Pengasih 1 menyelenggarakan sosialisasi dan kampanye anti kekerasan, bullying, narkoba, serta rokok pada Rabu (24/11/2021) di ruang AVA madrasah setempat.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. berharap agar madrasah dapat menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak. “Kami berharap, MAN 1 Kulon Progo dapat menjadi madrasah yang menyenangkan bagi anak, dengan tidak adanya kasus kekerasan, bullying, serta dapat menerapkan pola hidup yang anti narkoba dan anti rokok”, tuturnya.

Kegiatan yang diikuti oleh empat puluh siswa MAN 1 Kulon Progo yang merupakan perwakilan dari masing-masing kelas tersebut menghadirkan narasumber dari Puskesmas Pengasih 1, Erna Asih Pribakti A.MKL.

Pada kesempatan tersebut, Erna menuturkan bahwa tindak kekerasan dan bullying dapat menimbulkan efek psikologis maupun fisik. “Tindak kekerasan dan bullying dapat menimbulkan efek buruk secara psikologis maupun fisik pada korban seperti depresi dan keluhan kesehatan. Sehingga pelajar harus sadar bahwa tindakan tersebut adalah hal yang salah dan tidak boleh dilakukan”, tutur Erna.

Sementara itu di akhir acara, Duta Ramah Anak Mansaku, Hening Handayani, S.Pd., menyampaikan pesan kepada siswa-siswa yang hadir agar dapat menginternalisasikan materi yang sudah didapatkan pada kesempatan tersebut.

“Saya berharap kalian dapat menginternalisasikan materi yang sudah didapatkan ke dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat menjadi agen perubahan dengan mengajak temen-temannya untuk menghindari tindak kekerasan dan bullying serta tidak menggunakan narkoba dan rokok”, harap Hening. (rza/***)