Gelar Pembinaan Guru dan Pegawai, Kepala MAN 1 Kulon Progo Tekankan Pendidikan Karakter

MAN 1 Kulon Progo menggelar pembinaan guru dan pegawai yang dipimpin oleh Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. pada Senin (17/1/2022) siang. Pembinaan yang diikuti oleh seluruh guru dan pegawai MAN 1 Kulon Progo ini, diawali dengan apel bersama di ruang AVA madrasah setempat.

Agenda pokok dalam kegiatan tersebut terkait dengan Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM), dan persiapan rapat kerja madrasah. Dalam pembahasan tersebut, peserta rapat melaporkan kendala dan permasalahan yang dihadapi selama masa Pembelajaran Tatap Muka 100 % ini.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah berpesan untuk senantiasa mengutamakan pendidikan karakter terhadap siswa. Edi menyebut karakter merupakan fondasi dari pendidikan.

“Saya mengajak kepada bapak ibu guru untuk istiqomah mendampingi kegiatan sholat dhuha dan tadarus karena ini adalah salah satu bagian dari usaha kita dalam mendidik karakter siswa,” tuturnya.

Mengawali Pembelajaran Tatap Muka 100 % ini, seluruh siswa MAN 1 Kulon Progo masuk pada pukul 06.50 WIB untuk melaksanakan sholat dhuha di masjid. Selanjutnya, guru pengampu di jam pertama mendampingi siswa untuk tadarus bersama di kelas masing-masing. Kegiatan ini berjalan rutin selama pembelajaran tatap muka sebagai upaya mengembangkan potensi siswa untuk berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi dan menjadi generasi yang tangguh.

Acara dilanjutkan persiapan rapat kerja madrasah dimulai dengan pembahasan program pada tiap komisi yang terdiri dari Komisi I (Bidang Akademik), Komisi II (Bidang Kesiswaan), Komisi III (Bidang Humas), Komisi IV (Bidang Sarpras) dan Komisi V (Bidang Ketatausahaan). Selanjutnya program yang telah disepakati oleh tiap tim akan disosialisasikan pada rapat kerja madrasah yang telah dijadwalkan pada akhir Januari ini. (yan/***)