Giatkan Riset, MAN 1 Kulon Progo Awali Kegiatan Forum Ilmiah Guru dengan Pelatihan

Forum Ilmiah Guru MAN 1 Kulon Progo resmi kembali dibuka pada Selasa (25/1/2022). Pembukaan forum yang beranggotakan seluruh guru MAN 1 Kulon Progo ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, H. Muhammad Wahib Jamil, S. Ag.,M.Pd.

Dalam sambutannya, Wahib memberikan dukungan kepada para guru untuk melahirkan karya-karya terbaik untuk meningkatkan citra guru.

“Dalam berbagai aktifitas, kembangkan kualifikasi, potensi dan kompetensi diri untuk hasil terbaik, “ tuturnya.

Wahib juga memaparkan beberapa tipe karakter penulis sebagai acuan para guru untuk membuat karya tulis. Empat karakter tersebut adalah Penulis Idealis, yaitu penulis yang melakukan aktifitas menulisnya dengan standar pencapaian ideal dan sempurna. Penulis Komersial yaitu penulis yang melakukan aktivitas menulisnya sesuai pertimbangan pasar.

Penulis Realistis, yaitu penulis yang menulis gagasannya dengan menyesuaikan kemampuan dirinya. Dan kelompok terakhir adalah penulis yang menggabungkan beberapa karakter tersebut dalam aktivitas menulisnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pelatihan Penyusunan Buku Ajar dengan narasumber Sihono Setyo Budi, M.Si. dan dilaksanakan selama dua hari, Selasa – Rabu (25-26/1/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Sihono memaparkan materi mengenai langkah dalam membuat sebuah buku. Selain itu, penulis buku berjudul Buku Keterampilan Elektronika tersebut menghimbau agar peserta tidak putus asa dalam menghadapi kendala menulis.

“Sisihkan waktu secara konsisten, banyak membaca buku terkait dan jangan putus asa menghadapi kendala menulis,” tuturnya. (yan/***)