Kembangkan Kompetensi Bahasa Siswa, MGMP Rumpun Bahasa MAN 1 Kulon Progo Rancang Program Strategis

Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP) Rumpun Bahasa MAN 1 Kulon Progo berhasil terbentuk dan mengadakan pertemuan perdana pada Kamis (27/1/2022) bertempat di ruang AVA madrasah setempat. MGMP ini diharapkan mampu membekali dan mengembangkan kompetensi Bahasa para siswa. Demikian disampaikan Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. saat menghadiri kegiatan tersebut.

“MGMP Rumpun Bahasa ini diharapkan mampu membekali serta mengembangkan kompetensi bahasa para siswa untuk menghadapi masa depannya yang penuh tantangan dan kompetitif,” tutur Edi.

Dalam kesempatan tersebut, selain menetapkan Subarjo, S.Pd. sebagai ketua MGMP Rumpun Bahasa, juga berhasil dirumuskan program-program yang diharapkan mampu memperkuat dan mengembangkan kompetensi bahasa para siswa.

“Alhamdulillah, beberapa program telah berhasil dirumuskan. Dengan program-program ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi berbahasa para siswa,” tutur Subarjo.

Lebih lanjut Subarjo menyampaikan program-program yang telah dirumuskan pada pertemuan tersebut. (1) Membuat hari-hari berbahasa dengan bahasa tertentu seperti hari kamis bahasa Inggris, jumat bahasa Arab, dan Sabtu bahasa Jawa. (2) Labelisasi ruang/benda yang ada di madrasah dengan tiga bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Indonesia. (3) Membuat majalah sekolah yang bisa mendorong untuk menulis dan menampung karya-karya, baik siswa maupun guru. 4, menjalin kerjasama dengan lembaga kampung Inggris dan Kampung Arab, dan juga mengundang native speaker, guna memotivasi dan meningkatkan kemampuan berbahasa para siswa, dan program-program lainnya. (dik/***)