Budi Santosa, Guru Sejarah MAN 1 Kulon Progo Terbitkan Novel

Kulon Progo (MAN 1 KP) – Guru Sejarah MAN 1 Kulon Progo, Budi Santosa, S.Pd., menerbitkan buku terbaru bergenre novel. Novel tersebut berjudul Jejak Serdadu Kumbang, berisi tentang perjalanan kisah remaja yang penuh humor dan kreatifitas.

Ditemui setelah apel pagi pada Rabu (16/3/2022), Budi mengungkapkan perasaan bahagianya. “Saya merasa bahagia dan bersyukur karena akhirnya mampu menerbitkan karya. Meskipun usia tak lagi muda, saya masih bersemangat menulis, dengan cara memanfaatkan waktu disela-sela mengajar daring,” jelasnya.

Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengapresiasi dan bangga atas karya perdana tersebut. “Pak Budi Santosa adalah Guru Sejarah yang luar biasa, novel yang dicipta sangat bagus dan unik,” ungkapnya.

“Semoga dengan lahirnya novel Jejak Serdadu Kumbang ini akan memberikan semangat kepada guru-guru yang lain dalam berliterasi dan berkarya,” harap Edi.

Sementara itu, Nur Hidayati, S.Pd.I., Editor dan Kurator Sastra pendamping literasi di MAN 1 Kulon Progo mengupas novel tersebut. “Novel Jejak Serdadu Kumbang ini disusun apik karena ketertarikannya terhadap dunia remaja. Dengan cerita sederhana namun penuh amanat. Pemilihan tema, alur, dan bahasa yang keren menjadikan novel ini unik dan berbeda dibandingkan karya-karya sastra lainnya. Konflik-konflik yang dituangkan dalam kisah ini dikemas dengan penyelesaian yang humoris dan harmonis menjadi novel ini asyik dibaca siapa pun,” tuturnya.

“Menurut beberapa teman, Pak Budi Santosa memang senang menulis sejak masih SMP. Beliau termasuk Guru Sejarah yang kreatif,” pungkas Nur Hidayati.

Novel karya Budi Santosa, S.Pd. tersebut akan menjadi salah satu dari sekian buku karya warga MAN 1 Kulon Progo yang akan di-launching pada puncak acara Hari Ulang Tahun MAN 1 Kulon Progo yang akan digelar pada Kamis (24/3/2022) mendatang. (nhd/***)