Hadapi TPHBS dan UM, MAN 1 Kulon Progo Gelar Motivasi

Dalam rangka menyiapkan siswa secara fisik dan mental dalam menghadapi Tes Penjajakan Hasil Belajar Siswa (TPHBS) dan Ujian Madrasah (UM), MAN 1 Kulon Progo menggelar Motivasi bagi siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Kepala Bidang Akademik MAN 1 Kulon Progo, H. Iwan Budi Cahyono, M.Pd. saat membuka kegiatan tersebut pada Sabtu (5/3/2022) pagi di serambi Majid Al Huda madrasah setempat.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Madrasah H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. yang langsung memberikan motivasi menyatakan bahwa Kesuksesan bukanlah suatu kebetulan yang diraih, akan tetapi kesuksesan dapat diraih dengan kesungguhan.

“Kesuksesan yang diraih oleh seseorang bukanlah sesuatu yang terjadi secara kebetulan. Akan tetapi kesuksesan tersebut pasti diraih dengan kesungguhan atau jihad lahir batin,” tutur Edi

Lebih lanjut Edi menyampaikan beberapa unsur kesungguhan. “Kesungguhan itu memuat tiga unsur, yaitu:  usaha lahir secara maksimal dengan belajar tekun, lakukan kewajiban sebagai hamba yakni ibadah dengan baik, dan mohonlah kepada Allah dengan berdo’a,” imbuhnya.

“Khusus do’a, adalah do’a kalian sendiri dan do’a orang lain, terutama do’a restu dari kedua orang tua dan guru. Karena do’a orang tua untuk anaknya dan do’a guru untuk muridnya, mustajabnya sama dengan do’a Nabi untuk para umat-Nya,” pungkas Edi. (khd/***)