Kuatkan Pendidikan Karakter, OSIS MAN 1 Kulon Progo Gelar Kegiatan Peduli Masyarakat

Dalam rangka menguatkan pendidikan karakter pada pembelajaran di madrasah sekaligus menyemarakkan HUT ke-44 MAN 1 Kulon Progo, OSIS MAN 1 Kulon Progo mengadakan kegiatan peduli masyarakat. Kegiatan dilakukan dengan membagikan paket sembako kepada masyarakat di seputaran Alun-alun Wates dan Terminal Wates Kulon Progo pada Jumat (18/3/2022) pagi.

Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag, S.Pd, M.Pd, menyampaikan pentingnya bersyukur dan berbagi kepada orang lain. “Anak-anakku sekalian, dalam HUT madrasah kita saat ini, kita harus selalu bersyukur dan wujud dari rasa syukur itu adalah senang berbagi. Senang berbagi akan melatih kepekaan kita untuk peduli terhadap orang lain,” jelasnya.

“Ini juga berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar yang sudah diajarkan oleh bapak/ibu guru di kelas, bahwa pengetahuan, sikap, dan keterampilan harus dilengkapi dengan action nyata. Ingat, sebaik-baiknya manusia adalah yang memberikan manfaat bagi orang lain. Maka kegiatan peduli masyarakat ini menjadi penting untuk kita lakukan,” pungkas Edi.

Dalam kegiatan OSIS Peduli Masyarakat tersebut, siswa/siswi OSIS didampingi langsung oleh Waka Bidang Kesiswaan, Mujiyana, S.Pd. dan Tim Kesiswaan yang terdiri Sudrajad, S.Pd., Suherlan, S.Pd., Vera Veronica, S.Pd., Harmiyati, M.Sc., Wahyu Setyawan, S.Pd., dan Nur Wijayanti, M.Hum.

Sudrajad, S.Pd. selaku Pembina OSIS, mengatakan perlunya kreativitas untuk mengajarkan pendidikan karakter dalam keadaan pembelajaran saat endemi seperti ini. “Dalam membentuk karakter baik siswa, merupakan tantangan tersendiri apalagi saat kondisi endemi yang proses belajar mengajarnya harus daring 100 % atau 50 %, sehingga kegiatan peduli masyarakat seperti ini merupakan salah satu realisasinya,” jelas Sudrajad.

Ketua OSIS MAN 1 Kulon Progo beserta seluruh Pengurus OSIS melaksanakan kegiatan dengan sepenuh hati. Bahkan salah satu warga masyarakat mengucapkan terimakasih dan mendo’akan agar semua siswa MAN 1 Kulon Progo menjadi anak yang pintar dan mempunyai akhlak yang baik. Juga seluruh guru dan pegawainya diberi kesehatan dan rejeki yang melimpah barokah. Aamiin. (jad/***)