MAN 1 Kulon Progo Talkshow di Bandara Internasional Yogyakarta

MAN 1 Kulon Progo siap berperan aktif di Bandara Internasional Yogyakarta (The Yogyakarta International Airport) Kulon Progo dan siap ikut serta memecahkan permasalahan yang ada di Kulon Progo.

Hal tersebut merupakan kesimpulan dari kegiatan Talkshow Bersama MAN 1 Kulon Progo dan Radio Megaswara 93,8 FM yang bertajuk Peran Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kulon Progo untuk Mengisi Keberadaan YIA pada Kamis (10/3/2022) di Kompleks Tugu Malioboro Bandara YIA.

Kegiatan yang dipandu oleh Penyiar Megaswara, Indrajid tersebut menghadirkan Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., didampingi oleh Kepala Tata Usaha, H. Surandi, S.Pd.I., Waka Kesiswaan, Mujiyana, S.Pd., Waka Humas, H. Akhmad Khudlori, S.Ag., M.Pd.I, dan Guru BK sekaligus Pengurus/Pelatih Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kulon Progo, Dra. Sukarni.

Mengawali acara, Kepala Tata Usaha, H. Surandi, S.Pd.I menyampaikan bahwa MAN 1 Kulon Progo merupakan lembaga pendidikan menengah berciri khas agama Islam yang mempunyai fasilitas lengkap, antara lain: Perpustakaan, Laboratorium (Fisika, Kimia, Bahasa, Agama, Komputer), lapangan dan peralatan olah raga lengkap, parkir luas, dan semua ruang kelas dilengkapi dengan LCD projector untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran.

Sementara itu, Waka Humas, H. Akhmad Khudlori, S.Ag., M.Pd.I menyampaikan mengenai beberapa kerja sama yang sudah terjalin antara madrasah dengan pihak-pihak terkait. “MAN 1 Kulon Progo sebagai madrasah Aliyah plus riset dan keterampilan punya kerjasama dengan berbagai instansi negeri dan swasta untuk menempatkan, membimbing, dan melanjutkan studi para siswanya. Kerja sama tersebut dengan pondok pesantren, panti asuhan, TNI/Polri, perguruan tinggi, dan lembaga bursa kerja,” tuturnya.

“Sementara untuk lulusan yang akan langsung bekerja, madrasah juga telah mempunyai Bursa Kerja Khusus (BKK) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Kulon Progo. Sehingga lulusan MAN 1 Kulon Progo telah tersebar di berbagai instansi pemerintah dan swasta,” tambah Khudlori.

Pada kesempatan berikutnya, Waka Kesiswaan juga menyampaikan berkaitan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2022/2023 mendatang. “MAN 1 Kulon Progo akan menerima peserta didik baru dengan tiga jalur, yakni Jalur Minat, Jalur Beasiswa, dan Jalur Reguler. Jalur beasiswa meliputi beasiswa tahfidz dan beasiswa prestasi, baik akademik dan non akademik,” tutur Mujiyana.

Berkenaan dengan pengembangan potensi siswa, Guru BK menambahkan bahwa di MAN 1 Kulon Progo potensi siswa digali dan dikembangkan semaksimal mungkin demi kesuksesan siswa. “Potensi yang dimiliki peserta didik MAN 1 Kulon Progo kami gali dan kembangkan, bahkan kelemahan akan dijadikan kelebihan yang akan mengantarkan kesuksesan siswa,” tutur Sukarni.

“Misalnya siswa yang berdomisili dan latar belakang geografis daerah pegunungan Menoreh yang telah memiliki fisik kuat dan terbiasa jalan kaki dan memanjat pohon akan disalurkan ke atlet lari dan atlet panjat tebing. Dan ternyata sudah ada yang sampai tingkat nasional,” imbuh Sukarni.

Kegiatan Talkshow juga dihadiri dua perwakilan siswa, yakni Erista Catur Wulansari (XI IPS 2) dan Rahcellia Dwi Apriliani (X MIPA 2). Erista yang beberapa kali menggondol medali olympiade online dan juara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) DIY mengajak lulusan SMP/MTs untuk melanjutkan belajarnya di MAN 1 Kulon Progo. “Mari sekolah di MAN 1 Kulon Progo, kalian akan sukses, buktinya saya,” ajaknya.

Sementara Rahcellia, yang juga jadi peliput berita Media Indonesia secara spontan dipaksa oleh penyiar Megaswara untuk mewawancari Kang Jarwo (sapaan akrab Sujarwo, pemilik Java Connection: Art Management/ PT Jawa Pilar Dunia) yang hadir saat acara Talkshow. “We Lah, bocah isih cilik kok pinter nemen (Wah, anak masih kecil kok pintar sekali),” komenter kang Jarwo, setelah sekitar 10 menit diwawancari Rahcellia.

Di akhir acara, Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyatakan bahwa MAN 1 Kulon Progo siap berperan aktif di masyarakat. “MAN 1 Kulon Progo siap berperan aktif dan siap menjadi lembaga solutif untuk masyarkat Kulon Progo, Jogjakarta, dan sekitarnya. Buktinya dapat dilihat dan didengar dari dua siswa yang ikut hadir hari ini. Dan Pak Jarwo pun mengakuinya,” pungkas Edi. (khd/***)