Akhiri Tahun Pelajaran 2021/2022, Prodi Keagamaan MAN 1 Kulon Progo Gelar Khataman al-Qur’an

Dalam rangka mengakhiri Kegiatan Pembelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022 dan menyongsong Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023, Peserta Didik dari Program Studi Ilmu Ilmu Keagamaan (IIK) MAN 1 Kulon Progo menggelar Khotmil Qur’an dan Pengajian pada Jum’at (24/6/2022) pagi. Kegiatan yang dilaksanakan di serambi Masjid al-Huda MAN 1 Kulon Progo tersebut dihadiri oleh perwakilan alumni XII IIK, seluruh perwakilan kelas XI dan X beserta wali kelasnya, pengurus OSIS, guru PAI, dan Waka Kesiswaan.
Khataman diawali dengan Pembacaan Kalam Ilahi oleh Muhammad Nur Rofiq, Laporan Panitia, Sambutan Kepala Madrasah, Prosesi dan Do’a Khotmil Qur’an dipandu oleh Waka Humas, H. A. Khudlori, S.Ag., M.Pd.I, Pengajian oleh K.H. Mustafid Enukhad, S.Ag., M.S.I., dilanjutkan Penyerahan Sedekah/santuan kepada Yatim Piatu dan diakhiri dengan ‘dhahar kembul’ nasi ingkung, sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Ketua Kelas XI IIK selaku Ketua Panitia, Muhammad Aflah Baihaqi dalam laporannya menyatakan bahwa Kegiatan Khataman dan Pemberian Sedekah kepada yatim piatu tersebut, di samping untuk mengakhiri dan mengkhatami Tadarus al-Qur’an di kelasnya dan sebagai upaya rokhani suksesnya PPDB, serta tumbuhnya tradisi baik di waktu mendatang.
“Semoga adik-adik kelas sepuluh yang akan datang jumlahnya lebih banyak di banding tahun sebelumnya, dan kami berharap kegiatan ini akan terus berlanjut, dan tidak hanya di kelas IIK saja,” papar Aflah mengakhiri laporannya. Sedangkan K. H. Mustafid dalam pengajiannya menyampaikan Keutamaan Tadarus al-Qur’an secara istiqomah (rutin), keutamaan menyayangi dan menyantuni anak yatim, terlebih yatim piatu dalam kaitannya dengan pentasarufan daging qurban. Sementara itu Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kelas XI Jurusan IIK atas inisiasi dan aplikasi kegiatan Khataman al-Qur’an dan Santunan kepada yatim piatu, dan berharap akan diikuti oleh Pengurus OSIS dan kelas lainnya.
“Madrasah memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas inisiasi dan terselenggaranya kegiatan Khotmil Qur’an ini. Sebaiknya ke depan diikuti oleh Pengurus OSIS dan kelas lainnya, serta diprogramkan secara berkala,” harap Edi mengakhiri sambutannya. (khd)