Guru Bahasa Arab MAN 1 Kulon Progo Terbitkan Dua Buku Sekaligus

Didik Komaidi, S.Ag., M.Pd., Guru Bahasa Arab MAN 1 Kulon Progo sukses menerbitakan dua buku sekaligus. Dua buku tersebut berupa kumpulan cerpen bertema dunia pesantren dan keislaman berjudul Santri Lelana dan kumpulan puisi berjudul Senandung Sang Musafir. Didik Komaidi merasa sangat bahagia dan bersyukur kedua buku tersebut dapat terbit di bulan yang sama. Buku Senandung Sang Musafir merupakan kumpulan puisi mulai tahun 1996 sampai 2016. Hal tersebut diungkapkan Didik saat menyerahkan karyanya ke madrasah pada Senin (20/6/2022) diterima oleh Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. di ruangannya.

Kepala Madrasah mengapresiasi sekaligus bangga atas lahirnya dua karya tersebut. “Pak Didik Komaidi adalah Guru Bahasa Arab yang luar biasa, kumpulan puisi yang dicipta sangat bagus dan unik. Sedangkan kumpulan cerpennya mampu membawa pembaca menikmati kisah perjalanan di pondok pesantren,” tutur Edi.

“Semoga kehadiran kedua buku ini menginspirasi guru-guru lain untuk menyalakan literasi di MAN 1 Kulon Progo. Selalu banyak hikmah yang dapat diambil dari sebuah perjalanan. Pesan saya untuk penulis, teruslah menulis dan berkarya karena tulisan itu akan mengabadikan sejarah kehidupan,” pungkas Edi penuh semangat memberikan apresiasi.

Salah satu rekan Didik yang juga guru Sejarah MAN 1 Kulon Progo, Budi Santosa, S.Pd., menuturkan bahwa minat dan bakat menulisnya dimulai ketika memasuki Yogyakarta pada tahun 1992. Puluhan karya telah diterbitkan.

Sementara itu, Nur Hidayati, S.Pd.I. selaku Editor dan Kurator Sastra juga menyampaikan kesannya mengenai karya Didik tersebut. “Pak Didik Komaidi ini adalah seorang guru Bahasa Arab dan penulis yang hebat. Dengan bahasa sastranya, beliau dapat menciptakan karya sastra yang apik. Pemilihan diksi dan bahasa yang keren menjadikan kedua buku ini unik dan berbeda dibandingkan karya-karya sastra lainnya,” tuturnya.

Didik juga telah menghibahkan kedua karyanya kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah kabupaten Kulon Progo. Kedua karya tersebut diterima dengan baik oleh kepala Dinas, Drs. Duana Heru Supriyanta MM. pada Ahad (26/5/2022) bersamaan dengan kegiatan forum sastra dan teater kabupaten Kulon Progo. (nhd/***)