MAN 1 Kulon Progo Gelar Workshop Peningkatan Mutu Pendidik

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidik, MAN 1 Kulon Progo hadirkan tiga ahli pada Workshop Peningkatan Mutu. Tiga ahli tersebut Drs. Sudarmadi, M.Pd.Si. (Balai Dikmen Kulon Progo), Pujarsono, M.Pd. (Penilai DUPAK), dan Sihono Setyo Budi, M.Pd. (Penulis 16 Buku dan 10 PTK). Workshop tersebut dilaksanakan di ruang AVA MAN 1 Kulon Progo pada Rabu (22/6/2022) pagi.

Dalam sambutannya, kepala madrasah H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa PTK sangat penting dilakukan oleh guru. “PTK sangat penting dilakukan untuk meningkatkan layanan kita terhadap peserta didik. Dari masalah yang terjadi dalam pembelajaran, kita dapat memberikan treatment kepada siswa agar pembelajaran lebih menyenangkan,” kata Edi.

“Semoga dengan PTK, pembelajaran lebih menarik dan imbasnya guru dapat naik pangkat,” harap Edi.

Narasumber pertama, Sudarmadi menyampaikan tentang pentingnya PTK, langkah-langkah pembuatannya, mulai dari cara membuat judul sampai kesimpulan dalam PTK.
“PTK itu proses bukan hasil. Tujuan PTK berkesinambungan untuk memperbaikai proses pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan,” tegas Darmadi.

Selanjutnya narasumber kedua menjelaskan tentang penyusunan dan penilaian Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit (DUPAK), pentingnya mempelajari Buku 4, dan Buku 5.
“Ketika kita mau naik pangkat, pahami isi buku 4 dan buku 5. Dalam kedua buku tersebut jelas bahwa berapa nilai yang dibutuhkan untuk naik pangkat, PD, KI, dan PI yang diwajibkan agar DUPAK diterima,” jelas Pujarsono.
Di akhir workshop, narasumber ketiga, Sihono Setyo Budi mengajak peserta untuk mempraktikkan materi yang disampaikan Sudarmadi. “Pada pertemuan ini kita harus bisa membuat judul, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian,” tutur Budi.

Antusias peserta workshop sangat tinggi dibuktikan dengan semangat diskusi dari peserta. Meskipun materi yang disampaikan berat namun peserta workshop dapat mengikuti kegiatan sampai seleai. (nhd/mel/***)