Lagi, Guru Madya MAN 1 Kulon Progo Terbitkan Tiga Buku Pendidikan

Guru Madya MAN 1 Kulon Progo Golongan IVc, Sihono Setyo Budi, M.Si. sukses terbitkan tiga buku pendidikan berjudul Model Project Based Learning Solusi jitu Meningktakan Prestasi dan Kreativitas Belajar, Model Project Discovery Learning Solusi jitu Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar, dan Model Project Based Learning Solusi jitu Meningkatkan Prestasi dan Kemandirian Belajar. Tujuan dari penerbitan ketiga buku tersebut adalah untuk menambah referensi bagi guru dalam melakukan penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal tersebut disampaikan Budi, panggilan akrab Sihono Setyo Budi, M.Si. saat menyerahkan buku kepada Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. di ruang AVA madrasah setempat, Selasa (12/7/2022) usai rapat koordinasi dan evaluasi.
Lebih lanjut Budi menyampaikan rasa syukurnya, saat ia terpapar virus Covid berhasil menyelesaikan ketiga buku sekaligus. “Alhamdulillah, meskipun dalam keadaan positif Covid namun saya dapat menyelesaikan tiga buku ini,” ungkapnya. “Ini adalah buku hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dinilai saat saya naik ke IVc. Dan merupakan buku pendidikan saya yang ke-14, 15, dan 16,” tambah Budi. Pada kesempatan tersebut, Kepala Madrasah menyampaikan rasa bangganya, salah satu Guru Madya MAN 1 Kulon Progo mampu menggunakan waktu saat isolasi mandiri (isoman) untuk berkarya.

“Saya merasa bangga, Pak Sihono Setyo Budi berhasil menerbitkan tiga buku sekaligus saat beliau isoman. Beliau adalah guru yang gigih dan pantang menyerah, meskipun sakit beliau mampu berkarya,” kata Edi.

“Semoga dengan terbitnya ketiga buku pendidikan ini mampu memotivasi guru yang lain untuk berkarya dan menulis PTK,” pungkas Edi.

Salah satu guru MAN 1 Kulon Progo sekaligus editor dan kurator sastra, Nur Hidayati, S.Pd.I., menyampaikan bahwa Budi merupakan guru senior yang menginspirasi. Budi mampu melakukan PTK dan mengubah PTK-nya menjadi buku-buku pendidikan yang keren.“Pak Budi adalah guru senior yang luar biasa. Beliau mampu menulis 16 buku Pendidikan dan 10 PTK. Beliau pun bersedia berbagi dan membimbing teman-teman untuk menulis PTK dan menerbitkan buku,” ujar Nur. (nhd/***)