Akhiri Matsama, MAN 1 Kulon Progo Gelar Ikrar Kesetiaan Empat Pilar Kebangsaan

Hari terakhir pelakanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MAN 1 Kulon Progo Tahun Pelajaran 2022/2023 ditutup dengan Ikrar Kesetiaan Kepada Empat Pilar Kebangsaan Indonesia: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika pada Jum’at (15/7/2022) di Serambi Masjid al-Huda madrasah setempat.
Kegiatan Ikrar Kesetiaan diikuti oleh seluruh peserta Matsama dan dihadiri langsung oleh Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. didampingi oleh Kepala Tata Usaha, H. Surandi, S.Pd.I, para Wakil Kepala, guru, dan pegawai MAN 1 Kulon Progo.
Pada kesempatan tersebut Ketua Panitia Matsama, Mujiyana, S.Pd. menyampaikan tujuan kegiatan tersebut. “Ikrar Kesetiaan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa patriotisme, cinta tanah air, dan bangsa, terutama bagi peserta didik baru. Karena selama pandemi, kami melihat jiwa patriotisme ini agak mengendor,” ujar Mujiyana yang juga Waka Kesiswaan.
“Kegiatan Ikrar Kesetiaan ini juga untuk mengantisipasi pemahaman ajaran agama secara ifrat dan tafrit, sekaligus sebagai implementasi Ukhwah Wathaniyah,” tambah Waka Humas, H. A. Khudlori, S.Ag., M.Pd.I., yang memandu jalannya Ikrar Kesetiaan dan sebelumnya menyampaikan materi Ukhwah dan Moderasi Beragama.

Sementara itu Kepala MAN 1 Kulon Progo dalam sambutan penutupan rangkaian kegiatan Matsama berpesan kepada seluruh peserta untuk tekun belajar dan beribadah. “Kalian telah mengikuti kegiatan Matsama selama tiga hari. Ini baru awal kegiatan pengenalan di MAN 1 Kulon Progo. Tekunlah belajar dan beribadah, Insya Allah dengan dibimbing bapak ibu guru MAN 1 Klon Progo, kalian akan sukses dan tercapai cita-citamu,” tutur Edi mengakhiri sambutannya. (khd/***)