Delegasi MAN 1 Kulon Progo Sapu Bersih Juara Olimpiade Bahasa Arab Tingkat Kabupaten

Tiga Delegasi MAN 1 Kulon Progo berhasil menyapu bersih kejuaraan Olimpiade Bahasa Arab ke-5 Tingkat Kabupaten yang diumumkan pada Sabtu (20/8/2022). Ketiganya yakni, M. Fadhil Ghazali yang berhasil mengharumkan nama madrasah karena berhasil menyabet juara pertama, sedangkan Elly Rahmawati sukses meraih juara kedua, dan Ilham Fatahuddin berhasil meraih juara ketiga. Kegiatan seleksi tingkat kabupaten dilakukan secara online pada Sabtu (6/8/2022) lalu. Dan selanjutnya akan dilakukan beberapa tahap seleksi di provinsi dan tingkat nasional.
Olimpiade Bahasa Arab (OBA) adalah kompetisi tahunan yang diadakan oleh Forum Nasional Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia. Olimpiade Bahasa Arab diselenggarakan selain sebagai syiar bahasa Arab di Indonesia, juga bagian upaya untuk mempererat ukhwah Islamiyah-wathaniyah, membentuk kecintaan dan kebanggaan terhadap bahasa Arab dan meningkatkan kemampuan guru dan pelajar bahasa Arab di Indonesia.
Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mendukung penuh kegiatan Olimpiade Bahasa Arab tersebut. Menurutnya, hal tersebut adalah langkah awal dalam program pengembangan bahasa asing di MAN 1 Kulon Progo, mengingat bahasa Arab tidak hanya sebagai bahasa Al-Qur’an, bahkan bahasa Arab juga merupakan bahasa internasional yang harus dikuasai di abad ke-21 ini.
Lebih lanjut Edi mengaku bangga atas pencapaian siswa-siswinya dalam seleksi Olimpiade Bahasa Arab tersebut. “Ini adalah hal yang luar biasa sebagai prestasi pertama dalam bidang bahasa Arab. Semoga bisa sukses di tingkat provinsi hingga melaju ke tingkat nasional,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Nur Wijayanti, S.Hum., M.Pd., dan Didik Komaidi, S.Ag., M.Pd., pembimbing sekaligus guru bahasa Arab, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung keberhasilan Tim Olimpiade Bahasa Arab MAN 1 Kulon Progo. Hal ini akan menjadi motivasi bagi mereka untuk meningkatkan pembinaan menjadi lebih intens lagi. “Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak, madrasah sukses meraih kejuaraan olimpiade ini. Selanjutnya akan kami siapkan lagi pembinaan yang lebih intens untuk kompetisi di tingkat provinsi,” ujar Nur Wijayanti. (yan/***)