MAN 1 Kulon Progo Hadiri Forum Anak Provinsi DIY

MAN 1 Kulon Progo menghadiri Forum Anak provinsi DIY yang dilaksanakan Sabtu (20/8/2022) di Kantor DPD DIY yang beralamat di Jl. Kusumanegara No. 133, Muja Muju, kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh 90 anak perwakilan Forum Anak dari lima kabupaten/kota di DIY.
Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. bersyukur karena MAN 1 Kulon Progo diundang mewakili Forum Anak Kulon Progo. “Alhamdulillah, sepuluh siswa MAN 1 Kulon Progo diberi kesempatan menghadiri forum anak DIY. Kegiatan ini bekerja sama dengan Siklus Indonesia,” tuturnya.
“Semoga semua siswa MAN 1 Kulon Progo dapat menginstal OKY Indonesia dan menggunakan fitur-fitur di dalamnya dengan sebaik-baiknya. Amin,” harap Edi.
Sementara itu, Hening Handayani, S.Pd., selaku pendamping kegiatan, menuturkan bahwa Siklus Indonesia merupakan organisasi non-profit yang saat ini mengelola Program UNALA. Sedangkan program UNALA adalah sebuah layanan konsultasi ramah remaja usia 15-24 tahun yang menjalin kemitraan dengan dokter, bidan, dan psikolog.
Materi Forum Anak pada kesempatan tersebut mengenai pengenalan/promosi aplikasi OKY Indonesia. Menurut Narasummber, Putri Khatulistiwa, OKY Indonesia merupakan salah satu instrumen teknologi berupa pelacak menstruasi yang bisa dioperasikan dengan mudah melalui perangkat smartphone.
“Edukasi Kesehatan reproduksi dan kebersihan menstruasi melalui aplikasi OKY Indonesia ini sangat mudah dan penting untuk remaja. OKY Indonesia ini akan memberikan informasi menstruasi yang menyenangkan, kreatif, dan positif langsung ke tangan remaja putri melalui tool HP yang dipakai sehari-hari,” lanjut Putri.
Antusias siswa mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Salah satu siswa MAN 1 Kulon Progo, Nazifa Gitsa Tsuraya (Kelas X MIPA 1) merasa bahagia bisa menghadiri kegiatan ini. “Alhamdulillah, dengan mengikuti kegiatan forum anak ini saya mendapatkan banyak ilmu, khususunya mengenai kesehatan reproduksi dan kebersihan menstruasi. Aplikasi OKY Indonesia yang keren dan mudah untuk diunduh dapat memberikan banyak informasi,” ungkap Nazifa.
Demikian juga dengan siswa lainnya, Dwi Wahyuni dari kelas X MIPA 2 pun sangat senang mengikuti kegiata tersebut. Dwi pun berhasil menginstal OKY Indonesia dengan cepat. “Alhamdulillah, saya merasa senang karena setelah OKY Indonesia diinstal, OKY bisa digunakan tanpa kuota internet,” kata Dwi sambil tersenyum. (nhd/***)