Tingkatkan Rasa Nasionalisme, MAN 1 Kulon Progo Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, keluarga besar MAN 1 Kulon Progo mengadakan upacara bendera di lapangan madrasah setempat, Rabu (17/8/2022) pagi. Upacara diikuti oleh seluruh civitas akademik MAN 1 Kulon Progo.
Pada kesempatan tersebut, Kepala Tata Usaha, H. Surandi, S.Pd.I. bertindak sebagai inspektur upacara yang membacakan sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. “Peringatan proklamasi kemerdekaan sama halnya dengan sebuah perenungan spiritual, yang dalam budaya Jawa jumbuh dengan menunaikan patrap, melalui adeping tekad dan cloroting batin sura-dira jayaningrat lebur dening pangastuti, sebagai laku yang ditempuh menuju pangajab-sih kawilujengan langgeng,“ ungkap Surandi membacarakan sambutan Gubernur DIY.

Lebih lanjut, Sultan menyampaikan bahwa perenungan dilakukan dengan instrospeksi-memusatkan kekuatan batin sebagai sumber hikmah, dan selanjutnya menjadi pencerah pikir dalam menunaikan cita-cita Proklamasi berlandaskan istiqomah-konsisten, konsekuen, dan berkelanjutan. Dan, alangkah baiknya apabila peringatan kemerdekaan kali ini sebaiknya diliputi suasana samadya lan prasaja tanpa mengurangi makna esensialnya.
Peringatan kemerdekaan juga menjadi momen retrospeksi, dengan mengenang jasa para pahlawan melalui niti-laku dan napak-tilas jejak sejarah yang ditinggalkannya, seraya mendo’akan, agar arwah para syuhada bangsa memperoleh pahala sesuai amal-bhaktinya, serta diterima di haribaan-Nya dan diampuni segala dosanya.
“Dalam memaknai HUT ke-77 RI tahun 2022, haruslah merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan Indonesia. Bahwa kemajemukan harus dikreasikan sebagai sumbu yang menerangi keutuhan bangsa dan negara. Kemajemukan politik dan ekspresinya dalam kehidupan ber-Indonesia, tidak akan memperlemah semangat untuk lebih menyatu. Justru kemerdekaan kemajemukan itulah menjadikannya energi pengembangan daya kreasi bangsa,” pungkas Surandi mengakhiri sambutan Gubernur yang dibacakannya.

Sementara itu, Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. ketika dihubungi secara terpisah, usai mengikuti upacara serupa di Kankemenag Kabupaten Kulon Progo menyampaikan tujuan serangkaian kegiatan tersebut. “Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia ini antara lain bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme dan juga upaya mengakrabkan dan kerjasama di antara para siswa sebagai generasi muda,” tuturnya.
Dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 RI di MAN 1 Kulon Progo, selain upacara bendera, juga diadakan serangkaian kegiatan yang diprakarsai oleh OSIS MAN 1 Kulon Progo berupa lomba-lomba antar siswa. Kemudian di akhir upacara dilaksanakan pembagian hadiah untuk para juara lomba. (dik/***)