Peringati Hari Pramuka, Kepala MAN 1 Kulon Progo: Jaga Warisan Budaya Luhur dan Karakter Bangsa

MAN 1 Kulon Progo menggelar kegiatan lomba memasak pada Selasa (16/8/2022) pagi. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 sekaligus menyongsong HUT ke-77 Republik Indonesia.
Kegiatan yang diikuti oleh seluruh anggota Pramuka Gudep 07.081 dan 07.082 tersebut menurut Pembina Pramuka MAN 1 Kulon Progo, Harmiyati, S.Pd., M.Sc. bertujuan untuk mengembalikan karakter bangsa yang suka kebersahajaan, kebersamaan, dan gotong-royong. “Selama pandemi Covid-19, karakter tersebut banyak yang menurun,” tambah Harmi.

Sementara itu Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. selaku Ka Mabigus dalam sambutan pembukaan lomba menyatakan bahwa lomba tersebut, jangan hanya dilihat dari segi aktivitas fisiknya. Tapi juga harus dipahami dari segi nilai karakter dan spiritualitasnya.

“Mari dengan kegiatan lomba ini kita jaga karakter bangsa dan warisan budaya luhur bangsa kita yang suka kesederhanaan atau bersahaja, suka menolong dan gotong-royong, serta selalu mengedepankan kebersamaan,” ajak Edi. “Selamat Hari Pramuka ke-61, Pramuka terus Mengabdi Tanpa Batas untuk Ketangguhan Bangsa,” pungkas Edi. (khd/***)