Berekspresi, Mengapresiasi, dan Saling Menghargai dalam Ajang X-Day MAN 1 Kulon Progo

Sabtu (17/9/2022) Guru, Pegawai, dan pengurus OSIS MAN 1 Kulon Progo menyulap halaman parkir madrasah menjadi sebuah panggung ekspresi guna menggelar pentas seni dalam ajang X-DAY MAN 1 Kulon Progo. Program yang rencananya akan diadakan satu bulan sekali ini bertujuan untuk wahana bagi siswa MAN 1 Kulon Progo mengekspresikan diri melalui bakat dan kreatifitasnya.

Acara yang berlangsung mulai dari pukul 07.00 – 12.00 WIB tersebut mendapatkan antusias tinggi dari semua element kelembagaan MAN 1 Kulon Progo. Semua berkumpul menjadi satu di areal panggung pertunjukan menikmati sajian yang ditampilkan oleh para siswa MAN 1 Kulon Progo. Pasalnya, bentuk penampilan yang disajikan para siswa begitu bervariatif antara lain seni tari, sajian musik, seni kerakyatan, seni berdakwah, pembacaan puisi, drama, stand up comedy, seni membaca Al-Qur’an atau Tilawah dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya berpesan kepada seluruh peserta agar tetap saling menjaga supaya acara berjalan kondusif. “Ajang X-DAY ini kita gunakan untuk menanamkan rasa saling menghargai terhadap karya yang ditampilkan, yang tentu saja bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk saling menghargai apa yang dilakukan orang lain asalkan itu sesuatu yang positif,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Jasmine Allendra Cita selaku ketua OSIS MAN 1 Kulon Progo juga mempunyai kesan baik terhadap acara yang dirancang oleh kepengurusannya karena bisa membuat teman-tremannya menampilkan apa yang mereka bisa khususnya dibidang seni. “Saya berharap siswa MAN 1 Kulon Progo juga bisa terlatih keberaniannya untuk tampil di depan umum dalam ajang X-DAY ini,” tutur Cita. Meskipun terbilang sederhana dalam kemasannya, acara tersebut bisa terlaksana dengan sukses lantaran siswa dapat menyajikan segala bentuk pementasannya dengan maksimal, totalitas, dan yang terpenting seluruh element kelembagaan MAN 1 Kulon Progo dapat berkumpul menjadi satu serta tertawa lepas bersama. (adk/***)