MAN 1 Kulon Progo Maju Madrasah Sehat Tingkat Kanwil Kemenag DIY

MAN 1 Kulon Progo mewakili Kabupaten Kulon Progo maju lomba madrasah sehat tingkat Kanwil Kemenag DIY yang dilaksanakan pada Rabu (7/8/2022). Tim juri terdiri dari dr. Tejo Katon, S.Si., M.M. (Kanwil Kemenag DIY), dr. Noorma Aniri (Dinas Kesehatan DIY), dan Dra. Ririn Kuswarini, M.Pd. (Pengawas SMA/SMK Kabupaten Bantul). Selain tim juri, H. Fakhrudin, S.Ag., M.A. (Ketua Panitia LMS Kanwil Kemenag DIY) hadir bersama Rahmad, Ridwan, dan Ummu Azizah, S.E. (ASN Kanwil Kemenag DIY).
Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. bersyukur karena MAN 1 Kulon Progo dipercaya mewakili kabupaten maju lomba tingkat provinsi. “Alhamdulillah MAN 1 Kulon Progo dipercaya untuk mewakili kabupaten maju madrasah sehat tingkat provinsi. Kami akan berusaha dengan sebaik mungkin mengemban amanah ini.” tuturnya.
“Semoga MAN 1 Kulon Progo dapat lolos di tingkat provinsi dan maju tingkat nasional,” harap Edi.
Ketua tim panitia lomba, H. Surandi S.Pd.I. mengapresiasi kerja sama yang dilakukan semua guru, pegawai, dan siswa MAN 1 Kulon Progo. “Terima kasih saya ucapkan kepada semua warga MAN 1 Kulon Progo yang telah berpartisipasi dalam seluruh kegiatan madrasah. Semoga Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kita semua,” ungkapnya.
Sementara itu Vera Veronica, S.Pd. selaku Duta PHBS mempresentasikan hasil perjuangan madrasah dalam mempersiapkan lomba. Menurutnya, Pendidikan Kesehatan tidak hanya dilakukan secara kurikuler namun juga secara ekstrakurikuler. “Semua guru dan pegawai terorientasi dalam UKS. Pendidikan Kesehatan tidak hanya dilakukan secara kurikuler namun juga secara ekstrakurikuler. Kemudian dalam melaksanakan pelayanan kesehatan, MAN 1 Kulon Progo bekerja sama dengan Puskesmas, Dinas Kesehatan, Rifka Anisa, PKBI, dan UNALA,” tuturnya.
“Sedangkan dalam pembinaan lingkungan madrasah, kami bekerja sama dengan Kemenag, tim UKS Kapanewon, Polres Kulon Progo, Polsek Pengasih, dan Kodim Pengasih. Tidak hanya itu, kami pun bekerja sama dengan Bank Sampah Tobanan dalam pengolahan sampah,” tambah Vera.
Bidang yang dilombakan meliputi bidang Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, Pembinaan Lingkungan Sekolah/Madrasah, dan Manajemen UKS/Madrasah. Tim juri yang diketuai oleh Tejo Katon bersama Ririn Kuswarini mengadakan penilaian kondisi lingkungan, administrasi UKS, dan praktik oleh anggota PMR. Sedangkan dr. Noorma Arini didampingi Ummu Azizah melakukan penilaian UKS, lingkungan kantin, dan praktik oleh duta Kesehatan kelas. Sebelum menutup kegiatan, tim juri memberikan evaluasi di semua bidang.
“Setelah kami melakukan penilaian, ternyata MAN 1 Kulon Progo benar-benar mantap dan menyiapkan semuanya. Hanya beberapa point yang perlu dibenahi dan ditingkatkan,” kata Ririn. (nhd/***)