Semarak Haornas: Guru, Pegawai, dan Siswa MAN 1 Kulon Progo Bersinergi Meningkatkan Kesehatan

Jum’at (9/9/2022) MAN 1 Kulon Progo mengadakan kegiatan jalan 10.000 langkah untuk menyemarakan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) yang diikuti oleh seluruh lapisan kelembagaan MAN 1 Kulon Progo. Kegiatan tersebut diawali dengan pengkondisian di lapangan utama madrasah yang dipimpin langsung oleh kepala madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag, S.Pd, M.Pd.
“Mari senantiasa kita tanamkan rasa peduli terhadap kesehatan serta lingkungan sekitar agar dapat menciptakan suasana yang harmonis dalam menjalani kehidupan,” tutur Edi dalam sambutannya.

Rute yang ditempuh peserta dalam kegiatan tersebut tidak terlalu jauh, hanya daerah sekitar MAN 1 Kulon Progo yang meliputi Kawasan MAN 1 Kulon Progo ke selatan menyusuri jalan Mandung, menuju ke arah jalan Tambon, melewati Taman Budaya Kulon Progo, hingga sampai ke halaman MAN 1 Kulon Progo. Tidak hanya MAN 1 Kulon Progo, terlihat instansi di sekitar pun ikut menyemarakan HAORNAS dengan kegiatan yang berbumbu olahraga seperti Kantor Kelurahan Pengasih, SMPN 1 Pengasih yang juga menggelar senam sehat di halaman instansi masing-masing.

Kegiatan tersebut mendapat antusias tinggi dari semua kalangan bahkan Vera Veronica, S.Pd selaku Duta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mengharapkan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara rutin. “Kegiatan sehat seperti ini apabila dilakukan secara rutin paling tidak dua bulan sekali dapat menyegarkan badan serta pikiran dan tentunya melakukan tindakan secara nyata mendukung kesuksesan PHBS,” tuturnya.

Meski kegiatan tersebut menggunakan ruas jalan raya, namun tidak ditemukan kendala yang berarti selama kegiatan. Hal tersebut dapat terlaksana karena tingginya rasa saling menjaga dan peduli terhadap sesama pengguna jalan oleh semua peserta kegiatan jalan 10.000 langkah tersebut. (adk/***)