Peringati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Santri, MAN 1 Kulon Progo Gelar X-DAY

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke- 94 Tahun 2022 sekaligus menyemarakkan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022, MAN 1 Kulon Progo menggelar Kegiatan X-DAY pada Sabtu (22/10/2022). Dengan memadukan semangat Sumpah Pemuda yang menyatakan satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa persatuan, dan semangat Resolusi Jihat mempertahankan Kemerdekaan dan NKRI, kegiatan digelar dalam bentuk lomba keagamaan antar kelas. Hal tersebut disampaikan Waka Humas, H. Akhmad Khudlori, S.Ag., M.Pd.I. usai upacara bendera dilanjutkan pengumuman pemenang berbagai lomba yang dilaksanakan saat X-Day sekaligus penyerahan hadiah kepada para juara, Senin (24/20/2022) pagi.
“Kegiatan X-DAY merupakan ajang kegiatan untuk mengembangkan prestasi dan mengasah bakat siswa MAN 1 Kulon Progo. Kegiatan tersebut diselenggarakan tiap bulan disesuaikan dengan event yang sesuai dengan sejarah. Dan pada Bulan Oktober ini disesuaikan dengan Peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Santri Nasional Tahun 2022,” lanjut Khudlori.
Adapun lomba dengan kostum ala santri tersebut meliputi: lomba adzan iqomat, tilawah al-Qur’an, dan lomba MC/moderator, serta lomba khitobah atau ceramah agama. Pada lomba Adzan dan Iqomat keluar sebagai juara dari kelas X IIK, Kelas XI MIPA 3, dan Kelas XI MIPA 2. Lomba MTQ dimenangkan oleh Kelas XI MIPA 1, Kelas XII IIK, dan Kelas X IIK.

Sedangkan lomba MC dan Moderator keluar sebagai Juara Kelas X MIPA 1, Kelas XI MIPA 2, dan Kelas XII MIPA 2. Kemudian Lomba khitobah berhasil menjadi Jurara adalah Kelas XII IPS 1, Kelas X MIPA 1, dan Kelas XI IPS 3. Kegiatan dua lomba terakhir yang dilakukan di bawah Dewan Juri yang terdiri dari Mulyadi, S.Pd., Hj. Umi Syarifah, S.Ag., Rizki Alifani, S.Pd., dan Wahyu Setyawan, S.Pd. Keempat Juri tersebut masing-masing menilai aspek kesesuaian tema, isi, performa, dan adab. Pada lomba MC tampil Nailah Haya Aqilah (Kelas X MIPA 1) berhasil meraih juara I. Rahcelia Dwi April Liani (Kelas XI MIPA 2) Juara II. Dan Purbo Kastowo (Kelas XI MIPA 2) meraih juara III. Sedangkan Lomba Khitobah atau ceramah agama, keluar sebagai Juara I adalah Rafi Ahmad (Kelas XII MIPA 1), Afina WIjaya Putri dan Febrian Panda Parameswara (Kelas X MIPA 1) sebagai Juara II, dan Siti Choirun Nisa (XI IPS 3) menjadi Juara III. Sementara itu Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. mengapresiasi kegiatan yang telah berlangsung dengan sukses tersebut. Ia juga menyampaikan selamat kepada para juara, dan berpesan untuk diteruskan dan dipraktekkan di tempat ibadah di lingkungan masing-masing. “Para juara dan siswa lainnya mohon untuk rajin ikut aktif di kegiatan tempa ibadah di lingkungannya. Hal ini menjadi salah satu bekal keterampilan, kalian aktif sebagai pribadi muslim dan warga MAN 1 Kulon Progo,” pesan Edi. (khd/***)