Dua Siswa MAN 1 Kulon Progo Ikuti Lomba Esai Dialog Sejarah

Dua siswa MAN 1 Kulon Progo mengikuti lomba esai dialog sejarah yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan ¬(Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlangsung di Grand Inna Garuda Malioboro Yogyakarta pada Selasa hingga Kamis (8-10/11/2022) lalu. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka sub kegiatan pembinaan dan pengembangan kesejahteraan.
Kedua siswa yang menjadi duta MAN 1 Kulon Progo pada kesempatan tersebut yakni Muhammad Fadhil Al Ghazali (Kelas X IIK) dan Celvin Adi Saputra (Kelas XI MIPA 3). Selain mengikuti dialog dan jelajah sejarah, keduanya juga mengikuti lomba esai dan membuat vlog tentang persejarahan.

Salah satu Guru Sejarah sekaligus pendamping siswa, Angga Sandiyanto, S.Pd. mengaku senang bahwa kedua siswa tersebut mau ikut serta dalam agenda-agenda tentang persejarahan, lantaran secara perlahan siswa akan tertanam rasa kepeduliannya terhadap sejarah yang ada dalam peradaban. “Ya, meskipun dalam lomba anak-anak masih belum bisa membawa juara, setidaknya mereka sudah mau belajar dan ikut serta dalam pengarsipan benda sejarah,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. ketika ditemui di sela-sela kesibukannya menyampaikan turut berbahagia atas keikut sertaan siswa MAN 1 Kulon Progo dalam moment tersebut. “Selain anak-anak mendapat wawasan baru tentang sejarah, mereka tentunya juga akan mendapat pengalaman baru serta teman baru yang ditemui saat acara berlangsung,” tutur Edi. (adk/***)