MAN 1 Kulon Progo Gelar Upacara Hari Pahlawan Ke-77

Dalam rangka memperingati hari Pahlawan ke-77, MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) mengadakan upacara pada Kamis (10/11/2022) pagi di halaman tengah madrasah setempat. Upacara bendera diikuti oleh seluruh warga madrasah dengan pembina upacara Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd.
Pada kesempatan tersebut, Edi membacakan amanat Menteri Sosial dalam rangka Hari Pahlawan ke-77. “Hari Pahlawan setiap tahun menjadi renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka,” kata Edi, “kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan bangsa.”
Lebih lanjut Edi berharap peringatan tersebut sebagai momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan. “Mari kita jadikan momentum peringatan hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Jadikan semangat dan nilai-bilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu Guru Sejarah Mansaku, Budi Santosa, S.Pd. ketika ditemui usai upacara menyampaikan bahwa kegiatan upacara tersebut sangat penting dilakukan untuk meresapi semangat dan keikhlasan perjuangan para Pahlawan yang gugur dalam palagan pertempuran. “Dari perjuangan para Pahlawan yang gugur dalam palagan pertempuran demi mempertahankan kemerdekaan, kita harus dapat meresapi semangat dan keihlasan perjuangannya,” ungkap Budi. Selanjutnya, Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, H. Akhmad Khudlori, S.Ag., M.Pd.I. juga menanggapi pelaksanaan upacara pada hari tersebut. Ia mengungkapkan antusias peserta dalam mengikuti upacara sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan tertibnya peserta dalam mengikuti upacara. “Alhamdulillah, semua peserta tertib dan disiplin dalam mengikuti upacara,” tuturnya. (nhd/***)