Siapkan PISA 2022, MAN 1 Kulon Progo Gelar Rapat Koordinasi

MAN 1 Kulon Progo direncanakan menjadi sekolah sampel Program for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2022 mendatang. Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. pada rapat dinas yang dihadiri guru dan pegawai MAN 1 Kulon Progo pada Selasa (09/11/2021) pagi di ruang ava.

Program for International Student Assesment atau disingkat PISA ini merupakan penilaian tingkat dunia yang diselenggarakan tiga tahunan, bapak/ibu. PISA ditujukan untuk menguji performa akademis anak-anak yang berusia 15 tahun ke atas. Dan untuk madrasah kita terpilih sebanyak 56 sampel siswa”, jelas Edi.

Lebih lanjut Kepala Madrasah merencanakan adanya peninjauan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) real time atau semisal dengan action plan yang digunakan oleh guru pada pembelajaran seminggu ke depan. “Peninjauan RPP real time ini bertujuan untuk mengetahui metode maupun langkah-langkah guru dalam pembelajaran, sehingga harapannya ada kesiapan yang lebih. Semoga MAN 1 Kulon Progo semakin mandiri dan berprestasi”, pungkas Edi.

Mendukung hal tersebut, Wakil Kepala Bagian Kurikulum, H. Iwan Budi Cahyono, M.Pd. menyampaikan perlunya beberapa persiapan dan komitmen bersama yang diperlukan oleh madrasah. “Berkaitan dengan apa yang disampaikan Bapak Kepala Madrasah tadi, maka pola pembelajaran berbasis critical thinking dan penilaian secara HoTS menjadi salah satu cara agar anak-anak terbiasa menghadapi soal-soal PISA nantinya. Oleh karena itu, bapak/ibu guru perlu menguatkan strategi maupun metode dalam praktik pembelajaran”, tuturnya.

Dalam rapat dinas yang diikuti oleh guru dan pegawai tersebut beberapa hal esensial terkait dengan kurikulum madrasah juga dibahas, seperti perkembangan madrasah keterampilan, madrasah riset, prestasi siswa, perkembangan kondisi covid-19 dan lain sebagainya. (mel/***)