MAN 1 Kulon Progo Sukses Laksanakan Outing Class

MAN 1 Kulon Progo sukses laksanakan Outing Class dengan kunjungan ke Museum Benteng Vredeburg menggunakan moda transportasi kereta api pada hari Kamis (14/7/2022) pagi. Kegiatan tersebut sangat penting dilakukan untuk memberikan kecakapan siswa dalam melakukan pembelian tiket Kereta Api Indonesia (KAI), saat keluar masuk dan berada di dalam KAI, dan melakukan kunjungan di Museum. Hal tersebut disampaikan Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. saat berada di stasiun Tugu Yogyakarta. “Kegiatan Outing Class ini sangat penting dilakukan. Kegiatan ini adalah kegiatan pembelajaran langsung. Dengan mendengar, melihat, dan mempraktikkan maka tujuan pembelajaran akan cepat tercapai dan lebih bermakna,” papar Edi.
“Semoga tahun depan kelas X pun bisa melakukan kegiatan yang sama sehingga mereka akan cakap melakukan pembelian tiket KAI dan mengetahui fakta-fakta sejarah kemerdekaan Indonesia,” harap Edi. Pentingnya kegiatan tersebut juga disampaikan oleh salah satu pendamping siswa, Naafi’ Apriliano al-Haq, S.Pd., “Kegiatan kunjungan museum seperti ini sangat penting dilakukan untuk melihat dan berinteraksi langsung koleksi museum dan meningkatkan jiwa nasionalisme kepada siswa dengan fakta-fakta sejarah,” jelasnya. Kegiatan Outing Class diikuti seluruh siswa kelas XI dan XII dengan syarat siswa sudah melakukan vaksin. Keberangkatan siswa dari stasiun Wates dibagi menjadi lima jadwal keberangkatan. Siswa kelas XII dengan KAI Bandara, yakni kelas kelas XII MIPA 1 dan MIPA 2 yang didampingi oleh Idham Asyhar, S.Pd.I., Vera Veronica, S.Pd., Harmiyati, S.Pd., M.Sc., berangkat pukul 06.26 WIB dan pulang pukul 12.55 WIB. Kelas XII IPS 1 dan IPS 2 didampingi oleh Naafi’ Apriliano al-Haq, S.Pd., Nur Hidayati, S.Pd.I., Ida Supriyanti, berangkat pukul 08.22 WIB dan pulang 14.02 WIB. Untuk kelas XII IPS 3 dan IIK dengan pendamping Muhammad Asrofi, S.Pd. M.Pd., Zaini Mualif, S.Pd., berangkat 09.40 WIB pulang 16.00 WIB.
Sedangkan siswa kelas XI menggunakan KAI Prameks, yakni XI MIPA dan XI IIK didampingi oleh Muhammad Safruddin, S.Pd., Hening Handayani, S.Pd., Hj. Eni Saryuti, S.Ag. berangkat pukul 06.13 WIB pulang 13.48 WIB. Kemudian Rizi Alifani, S.Pd., Eva Triana, S.Pd., M.Pd., Sugiyanti, S.Pd. mendampingi kelas XII IPS berangkat 09.13 WIB pulang 13.48 WIB. Dalam kesempatan tersebut, H. Iwan Budi Cahyono, M.Pd. selaku ketua kegiatan merasa sangat bersyukur karena antusias siswa yang tinggi. “Alhamdulillah antusias siswa tinggi. Mereka sudah berada di stasiun satu jam sebelum jadwal berangkat maupun pulang,” ungkapnya. “Sehari sebelum Outing Class, seluruh siswa dikumpulkan untuk mendapatkan informasi tata cara pembelian tiket secara online KAI baik jenis KAI Prameks ataupun KAI Bandara dan tugas saat kegiatan,” lanjut Iwan.

Sementara itu Koordinator Kegiatan, Angga Sandiyanto, S.Pd. menyampaikan tugas yang harus diselesaikan berkaitan dengan Outing Class tersebut. “Pembelian tiket KAI dapat dilakukan menggunakan NIK dan aplikasi pembayaran online seperti link. Adapun tugas kegiatan Outing Class ini yang pertama setiap kelompok yang terdiri dari 3-5 siswa membuat video vlog perjalanan Outing Class naik kereta, jalan kaki di Malioboro dan belajar di Museum Vredeburg. Sedangkan tugas kedua yaitu setiap siswa menuliskan pengalaman Outing Class pada selembar kertas Folio,” jelas Angga yang juga merupakan salah satu guru sejarah MAN 1 Kulon Progo.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu siswa kelas XII IPS 2, Erista Catur, merasa senang bisa mengikuti kegiatan Outing Class. Menurutnya, dengan kegiatan tersebut, siswa dapat melakukan pembelian tiket KAI secara online, mengetahui diorama-diorama yang menggambarkan suasana Indonesia pada masa lampau, dan sejarah kemerdekaan Indonesia. (nhd/***)