MAN 1 Kulon Progo dan Puskesmas Pengasih 1 Bentuk FGD Kespro Remaja

Kulon Progo (MAN1KP) – MAN 1 Kulon Progo dan Puskesmas Pengasih 1 bentuk FGD (Focus Grub Discussion) kespro dan anemia remaja, edukasi bahaya narkoba, dan HIV aids pada Selasa (19/7/2022) pagi di ruang AVA madrasah setempat. Kegiatan diikuti oleh 28 siswi yang mewakili seluruh siswi. Serta dihadiri oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Mujiyana, S.Pd., Pembina UKS, Nur Hidayati, S.Pd.I., dan Duta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Vera Veronica, S.Pd.
Adapun narasumber dari Puskesmas Pengasih 1 yakni Erna Asih Pribakti, A.MKL (Petugas Promosi Kesehatan) dan Bunzanah, A.Md.Keb. (Bidan).
Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. sangat mengapresiasi kerja sama dengan Puskesmas tersebut. FGD kespro remaja, edukasi bahaya narkoba, dan HIV AIDS sangat penting dilakukan.
“Terima kasih saya sampaikan kepada Bu Erna dan Bu Bunzana yang membentuk FGD (Focus Grub Discussion) kespro remaja, edukasi bahaya narkoba, dan HIV aids. Semoga dengan grub ini siswi memperoleh ilmu Kesehatan Reproduksi (Kespro), bahaya narkoba, dan HIV AIDS,” kata Edi.
Pada kesempatan tersebut Petugas Promosi Kesehatan Puskemas Pengasih 1, Erna Asih Pribakti, A.MKL menympaikan bahwa narkoba sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penurunan kesadaran, henti nafas, kejang-kejang, serangan jantung, gangguan pskilogis, overdosis yang menyebabkan kematian. Remaja sangat rentan terjerat narkoba karena pengendalian diri yang lemah, kondisi kehidupan keluarga yang tidak harmonis, temperamen, mengalami gangguan perilaku, suka menyendiri dan berontak, prestasi sekolah yang rendah, tidak diterima di kelompok, berteman dengan pemakai, dan mengenal nakoba di usia dini.
“Agar remaja terhindar dari Narkoba maka yang perlu peran remaja, orang tua, dan tokoh masyarakat. Remaja perlu mengikuti kegatan ketrampilan untuk mengisi waktu luang. Orang tua harus menciptakan rumah yang sehat, mengasuh dan mendidik anak dengan baik, menjadi contoh dan pengawas yang baik,” jelas Erna.
“Semoga masyarakat mampu mengadakan penyuluhan dan kampanye penyegahan narkoba,” pungkas Erna.

Pada kesempatan yang sama, Bunzanah, A.Md.Keb. mengajak siswa untuk melakukan cuci tangan yang benar dan menjelaskan tentang pentingnya minum tablet tambah darah bagi remaja putri.
“Dengan minum 1 tablet tambah darah setiap Selasa, semoga siswi MAN 1 Kulon Progo terhindar dari anemia,” harap Bunzanah.
Sementara itu Duta PHBS, Vera Veronica, S.Pd., mengatakan bahwa FGD kespro remaja, edukasi bahaya narkoba, dan HIV AIDS merupakan salah satu program Duta PHBS pada tahun ini.
“Alhamdulillah, MAN 1 Kulon Progo dapat menjalin kerja sama dengan Puskesmas Pengasih 1 dalam membentuk FGD kespro remaja, edukasi bahaya narkoba, dan HIV AIDS,” pungkas Vera. (nhd/***)