MAN 1 Kulon Progo Jadi Tuan Rumah International Youth Day

Sebanyak delapan siswa MAN 1 Kulon Progo menghadiri Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan dan Peran Serta Remaja dalam Penanggulangan HIV-AIDS di ruang AVA MAN 1 Kulon Progo pada Sabtu (27/08/2022). Delapan siswa tersebut yakni Lusiana Deifara (X MIPA 1), Stefany Salma (X MIPA 1), Aulia Lana (X IPS 1), Maudhia Nadhir (X MIPA 3), Asti Utami (XI MIPA 1), Nadiya Putri (X MIPA 3), Umi Zahro (X MIPA  1), dan Febrian Pandia (X MIPA 1).

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Kulon Progo dalam rangka International Youth Day. Dengan narasumber Purwa Suhatino dan Ragil Prasesewo. Dan diikuti oleh 60 peserta dari perwakilan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) SMP, SMA, dan Kalurahan se-Kabupaten Kulon Progo.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. merasa bersyukur karena PIK-R MAN 1 Kulon Progo diamanahi menjadi tuan rumah kegiatan. “Alhamdulillah, MAN 1 Kulon Progo dipercaya sebagai tuan rumah kegiatan yang dilakukan PKBI kabupaten Kulon Progo,” kata Edi.

“Semoga dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman remaja tentang pendewasaan usia perkawinan dan HIV-AIDS,” harap Edi.

Dalam kesempatan yang sama, pendamping PIK-R MAN 1 Kulon Progo, Rizka Azizatul Latifah, S.Pd., menyampaikan bahwa kegiataan tersebut merupakan bentuk koordinasi dan update situasi remaja di Kulon Progo agar siswa mendapatkan edukasi kesehatan seksual dan reproduksi. Hak-hak kesehatan seksual dan reproduksi merupakan hak bagi seluruh warga negara di dunia tak terkecuali Indonesia.

“Dengan sosialisasi ini kita dapat melakukan koordinasi dan update situasi remaja. Tidak hanya itu, dengan kegiatan ini pun informasi kesehatan reproduksi yang komprehensif terutama isu pendewasaan usia perkawinan dan HIV-AIDS dapat tersampaikan,” jelas Rizka.

Salah satu peserta, Asti Utami, merasa senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Hal senada juga disampaikan Lusiana Deifara yang merasa bahagia bisa mengikuti sosialisasi.

“Alhamdulillah kami berenam mewakili PIK-R MAN 1 Kulon Progo dapat mengikuti sosialisasi. Kami merasa senang dan gembira karena mendapatkan banyak informasi kesehatan yang berguna untuk kami. Semoga kami dapat mentransfer ilmu yang kami dapat kepada siswa lain yang tidak mengikuti kegiatan,” tutur Lusiana. (nhd)