Bersama Puskesmas Pengasih, Siswa MAN 1 Kulon Progo Deteksi Kesehatan Diri

MAN 1 Kulon Progo bekerja sama dengan Puskesmas Pengasih mengadakan kegiatan screening kesehatan bagi siswa kelas X (sepuluh) MAN 1 Kulon Progo pada Jum’at – Sabtu, (2-3/9/2022) di ruang AVA madrasah setempat. Kegiatan tersebut melibatkan team perawat dari Puskesmas Pengasih, guru MAN 1 Kulon Progo, dan juga seluruh siswa kelas X (sepuluh) dari semua jurusan.

Ada beberapa hal penting yang dilakukan pada kegiatan tersebut, seperti cek buta warna, kontrol gigi, pengecekan pendengaran dan penglihatan, cek tensi, tinggi dan berat badan.

Menurut Ngadiyem, salah satu perawat yang bertugas di poli gigi Puskesmas Pengasih, tujuan utama kegiatan tersebut adalah memberikan edukasi kepada siswa supaya lebih paham atas kondisi dirinya. Selain itu memperkenalkan aplikasi Mobscreen yang berfungsi untuk cek kesehatan secara mandiri melalui telepon genggam milik siswa. “Alhamdulillah, secara keseluruhan kami lihat para siswa sehat dan dalam keadaan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Vera Veronica, S.Pd., Duta PHBS dan juga guru Olahraga MAN 1 Kulon Progo merespon kegiatan tersebut secara positif. Vera mempunyai harapan besar kepada seluruh lapisan kelembagaan MAN 1 Kulon Progo agar segera ada tindak lanjut mengenai hasil screening yang telah dilakukan.

Selain itu, Kepala Madrasah MAN 1 Kulon Progo Edi Triyanto, S.Ag, S.Pd, M.Pd juga merespon kegiatan ini dengan gembira karena dapat memotivasi siswa supaya hidup lebih sehat untuk menunjang prestasi yang lebih optimal. (adk/***)