Komunitas Pena MAN 1 Kulon Progo Gelar Workshop

Dalam rangka bulan bahasa, Komunitas Pena Mansaku (MAN 1 Kulon Progo) mengadakan workshop Mudahnya Menulis Flash Fiction. Workshop dilaksanakan di ruang AVA pada Rabu (26/10/2022) pagi dan diikuti oleh 40 siswa MAN 1 Kulon Progo yang bergabung dalam komunitas.. Narasumber workshop adalah duta literasi MAN 1 Kulon Progo, Nur Hidayati, S.Pd.I. yang juga merupakan penulis dan editor.

Menurut Kepala Madrasah, Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. kegiatan workshop tatap muka ini sangat penting dilakukan. “Workshop dengan tatap muka ini sangat penting dilakukan untuk menjalin silaturrahim anggota Komunitas Pena Mansaku. Tidak hanya itu, dengan tatap muka, menyamakan frekuensi dan memotivasi siswa untuk menulis lebih mudah,” ungkapnya.

“Semoga semua siswa mempu melaksanakan tugas dengan baik. Insyaallah hasil FF dari siswa akan dibukukan dan menjadi bukti geliat literasi di madrasah,” harap Edi.

Pada kesempatan yang sama, Waka Kesiswaan MAN 1 Kulon Progo, Mujiyana, S.Pd. merasa bersyukur kegiatan kesiswaan tersebut dapat terlaksana dengan baik. “Alhamdulillah kegiatan Komunitas Pena dapat terlaksana dengan bantuan OSIS. Kegiatan ini adalah dari, oleh, dan untuk siswa,” tuturnya.

Sementara itu, Nur Hidayati, menyampaikan bahwa sejak Komunitas Pena Mansaku berdiri pada 31 Agustus 2022 lalu, baru pertama digelar workshop murni untuk siswa.

Materi workshop terdiri dari pengertian Flash Fiction (FF), genre pada FF, dan tips asyik menulis FF. Antusias peserta sangat tinggi dibuktikan dengan terselesaikannya tantangan dalam workshop berupa menulis profil diri melalui WA.

“Alhamdulillah semua siswa segera menyelesaikan tantangan. Sebelum meninggalkan ruangan, semua peserta telah mengirim profil diri melalui WA,” ungkap Nur Hidayati, “untuk tugas menulis FF dengan tema bebas dikumpulkan paling lambat Senin, 8 November 2022.” (nhd/***)