MAN 1 Kulon Progo Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94

Kulon Progo (MAN1KP) – MAN 1 Kulon Progo sukses adakan upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 dengan tema Bersatu Bangun Bangsa. Upacara dilaksanakan di lapangan madrasah pada Jumat (28/10/2022) pagi.
Pada kesempatan tersebut, Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana, Sihono Setyo Budi, M.Si. selaku pembina upacara menyampaikan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Zainudin Amali). Dalam sambutan yang dibacakan Sihono, Zainudin menyampaikan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 2028 memberikan pelajaran kepada kita, bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini memberikan pesan mendalam bahwa Bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan unuk membangun ketangguhan. Pemuda bukan hanya sebagai perilaku penting membangun ketangguhan, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, H. Akh. Khudlori, S.Ag., M.Pd.I. merasa bahagia karena antusias siswa luar biasa. Semua siswa menggunakan seragam dan tertib melaksanakan upacara.
Sementara itu di tempat terpisah, sejumlah siswa dari dua kelas, yakni XII IPS-2 dan XII IIK mengikuti upacara di kompleks kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kulonprogo didampingi oleh Angga Sandiyanto, S.Pd., dan Wahyu Setyawan, S.Pd.
“Alhamdulillah, semua siswa mengikuti upacara di Pemda Kulonprogo dengan tertib,” ujar Wahyu Setyawan.

Berkaitan dengan pelaksanaan upacara Hari Sumpah Pemuda tersebut, Kepala Madrasah, Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan upacara tersebut sangat penting dilaksanakan. “Kegiatan upacara Hari Sumpah Pemuda ini sangat penting dilakukan untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada siswa,” tuturnya.

“Mari kita jadikan, momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini utuk meningkatkan semangat membangun bangsa,” harap Edi, “Semoga Allah Swt. memberikan kekuatan kepada kita semua untuk membangun persatuan dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia.” (nhd/***)