Upacara Hari Sumpah Pemuda 2022, Siswa MAN 1 Kulon Progo Hijaukan Halaman Pemkab Kulon Progo

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 kali ini, siswa MAN 1 Kulon Progo Hijaukan Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Jum’at (28/10/2022) pagi didampingi dua guru, Wahyu Setyawan, S.Pd. dan Angga Sandiyanto, S.Pd.
Kegiatan yang dipusatkan di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten atau Kantor Bupati tersebut diikuti oleh kalangan peserta didik yang diwakili oleh empat satuan pendidikan menengah. Keempatnya adalah MAN 1 Kulon Progo, SMAN 1 Wates, SMK Ma’arif 1 Wates, dan SMK Muhammadiyah 2 Wates.
Ada hal yang menarik dalam upacara tersebut. Dari seragam seluruh peserta upacara, Seragam Batik Madrasah warna hijau banyak menjadi perhatian. Karena peserta lain mengenakan seragam OSIS dan seragam identitas sekolahnya. Hal tersebut disampaikan Wakil Kepala Madrasah Bidang Hubungan Masyarakat, H. Akhmad Khudlori, S.Ag., M.Pd.I. Ia menambahkan bahwa pemakaian seragam yang menunjukkan ciri khas madrasah diperlukan.
“Pemakaian seragam Batik Madrasah ini, karena mewakili seluruh madrasah yang ada di Kulon Progo. Dan ini menjadi salah satu sarana dakwah dan promosi madrasah di Kulon Progo,” ujar Khudlori.

Salah satu pendamping siswa, Wahyu Setyawan, menyampaikan bahwa para siswa yang menjadi peserta upacara tersebut juga merasa senang dan gembira. “Banyak siswa MAN 1 Kulon Progo yang belum pernah masuk ke kompleks Kantor Bupati. Sehingga menjadi peserta upacara di sini, merupakan pengalaman tersendiri,” ujarnya usai pelaksanaan upacara. Sementara itu Kepala MAN 1 Kulon Progo, Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. di tempat terpisah menyampaikan apresiasi kepada para siswa-siswinya yang telah berperan aktif dalam kegiatan yang diselelenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. “Selamat. Tingkatkan terus prestasi. Dan jaga terus nama baik madrasah dan Kementerian Agama,” pesan Edi. (khd/***)